Monday, August 26, 2013

Lembar tugas dan penilaian tentang NKRI       
(Tugas kelompok, pengganti ujian mid semester 1)  
                   
Nama:__________________

(Pengumpulan: Sebelum 11 September 2013)
Tujuan:
1.     Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.    Mencari dan menjelaskan pentingnya persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.    Menunjukkan contoh perilaku dalam yang menjaga dan merusak persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kriterian penilaian:
No.
Kriteria
Nilai
Keterangan/bentuk
Nilai yang diperoleh
1
Data tentang Indonesia:
a)    Nama negara
b)    Dasar negara (ideologi)
c)    Warna bendera
d)    Bahasa persatuan
e)    Lagu kebangsaan
f)    Bentuk  negara
g)    Bentuk pemerintahan
h)    Ibu kota
i)     Presiden  dan wakil presiden

10
Daftar/gambar

2
Sejarah:
a)    Asal kata Indonesia
b)    Asal penduduk Indonesia
c)    Negara yang pernah menguasai Indonesia
d)    Pahlawan nasional
10
Tulisan  + 2 paragraf

3
Geografi dan demografi:
a)    Letak
b)    Luas darat dan laut
c)    Perbandingan jumlah penduduk (lima pulau besar)
d)    Perbandingan kemajuan pembangunan di lima pulau besar
e)    Perbandingan jumlah pengikut agama dan keyakinan
f)    Suku dan bahasa daerah
10
Daftar /gambar/tabel/ paragraf/peta

4
Cita-cita (tujuan) terbentuknya negara:
a)    Apa cita-cita terbentuknya negara kesatuan Indonesia?
b)    Apakah persatuan dan keutuhan negara penting untuk mencapai cita-cita itu? Mengapa?
20
Daftar / deskripsi

5
Sila ketiga berbunyi “Persatuan Indonesia”.
a)    Hal-hal apa saja yang bisa membuat Indonesia tidak bersatu dan utuh?
b)    Hal-hal apa saja yang bisa membuat Indonesia bersatu atau utuh?
10
Daftar/deskripsi/tabel

6
Jelaskan satu pahlawan nasional Indonesia. Sifat atau perbuatan apa yang membuat mereka menjadi seorang pahlawan?
10
Daftar/deskripsi (paragraf)

7
Sebutkan salah satu tokoh atau pemimpin nasional sekarang ini yang bisa disebut pahlawan. Jelaskan alasanmu!
10
Deskripsi (Paragraf)


8
Cari satu peristiwa yang mendukung atau tidak mendukung penghargaan terhadap Indonesia yang beragam (berbeda-beda).
10
Berita koran

9
Jelaskan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendukung tercapainya cita-cita negara Indonesia.
10
Deskripsi

10
Kerapian, kejelasan, tampilan yang menarik, ejaan yang benar.
10
Keseluruhan

11
Pengumpulan tidak terlambat.
10
Tanggal pengumpulan

12
Kerja sama kelompok
10
Kerja sama







Total nilai
130



Total nilai yang diperoleh










Nama anggota kelompok: __________________________________________________
·         Bukalah: Peta Indonesia, Buku PKN dan IPS kelas 5, ensiklopedi, referensi dari internet, majalah,koran, dll.

·         Laporan diketik atau ditulis tangan dengan memakai kertas A4. Presentasi dan tanya jawab akan diadakan selama + 15 menit.

No comments:

Post a Comment