Lembar tugas dan penilaian tentang NKRI
(Tugas kelompok, pengganti ujian mid
semester 1)
Nama:__________________
(Pengumpulan:
Sebelum 11 September 2013)
Tujuan:
1.
Mendeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.
Mencari
dan menjelaskan pentingnya persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
3.
Menunjukkan
contoh perilaku dalam yang menjaga dan merusak persatuan dan keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia
Kriterian
penilaian:
No.
|
Kriteria
|
Nilai
|
Keterangan/bentuk
|
Nilai yang diperoleh
|
1
|
Data tentang Indonesia:
a) Nama negara
b) Dasar negara (ideologi)
c) Warna bendera
d) Bahasa persatuan
e) Lagu kebangsaan
f) Bentuk negara
g) Bentuk pemerintahan
h) Ibu kota
i)
Presiden dan wakil
presiden
|
10
|
Daftar/gambar
|
|
2
|
Sejarah:
a) Asal kata Indonesia
b) Asal penduduk Indonesia
c) Negara yang pernah
menguasai Indonesia
d) Pahlawan nasional
|
10
|
Tulisan +
2 paragraf
|
|
3
|
Geografi dan demografi:
a) Letak
b) Luas darat dan laut
c) Perbandingan jumlah
penduduk (lima pulau besar)
d) Perbandingan kemajuan
pembangunan di lima pulau besar
e) Perbandingan jumlah
pengikut agama dan keyakinan
f) Suku dan bahasa daerah
|
10
|
Daftar /gambar/tabel/ paragraf/peta
|
|
4
|
Cita-cita (tujuan) terbentuknya negara:
a) Apa cita-cita
terbentuknya negara kesatuan Indonesia?
b) Apakah persatuan dan
keutuhan negara penting untuk mencapai cita-cita itu? Mengapa?
|
20
|
Daftar / deskripsi
|
|
5
|
Sila ketiga berbunyi “Persatuan Indonesia”.
a) Hal-hal apa saja yang
bisa membuat Indonesia tidak bersatu
dan utuh?
b) Hal-hal apa saja yang
bisa membuat Indonesia bersatu
atau utuh?
|
10
|
Daftar/deskripsi/tabel
|
|
6
|
Jelaskan satu pahlawan nasional Indonesia. Sifat
atau perbuatan apa yang membuat mereka menjadi seorang pahlawan?
|
10
|
Daftar/deskripsi (paragraf)
|
|
7
|
Sebutkan salah satu tokoh atau pemimpin nasional
sekarang ini yang bisa disebut pahlawan. Jelaskan alasanmu!
|
10
|
Deskripsi (Paragraf)
|
|
8
|
Cari satu peristiwa yang mendukung atau tidak
mendukung penghargaan terhadap Indonesia yang beragam (berbeda-beda).
|
10
|
Berita koran
|
|
9
|
Jelaskan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk
mendukung tercapainya cita-cita negara Indonesia.
|
10
|
Deskripsi
|
|
10
|
Kerapian, kejelasan, tampilan yang menarik,
ejaan yang benar.
|
10
|
Keseluruhan
|
|
11
|
Pengumpulan tidak terlambat.
|
10
|
Tanggal pengumpulan
|
|
12
|
Kerja sama kelompok
|
10
|
Kerja sama
|
|
Total nilai
|
130
|
|||
Total nilai yang diperoleh
|
||||
Nama anggota kelompok:
__________________________________________________
·
Bukalah: Peta Indonesia, Buku PKN dan IPS kelas
5, ensiklopedi, referensi dari internet, majalah,koran, dll.
·
Laporan
diketik atau ditulis tangan dengan memakai kertas A4. Presentasi dan tanya
jawab akan diadakan selama + 15 menit.
No comments:
Post a Comment