Nama: __________ Kelas:
_____
Tanggal: ________ Ringkasan bahasa Indonesia semester 3
1. Cerita rumpang
Cerita rumpang
adalah cerita yang sebagian isinya hilang. Untuk mengisinya kita perlu membaca
keseluruhan dan menambahkan kata atau kalimat yang sesuai dengan isi
keseluruhan. Cerita rumpang bisa dalam
bentuk bagian cerita yang dihilangkan, bagian surat yang dihilangkan, bagian
percakapan dalam teks drama yang dihilangkan.
2.
Gagasan
pokok/ide pokok/gagasan utama dan gagasan penjelas
Ide pokok
Ide pokok bacaan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf. Gagasan
utama merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Gagasan
pokok terdapat pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal, diakhir, atau
di tengah. Kalimat utama memiliki makna yang paling umum diantara
kalimat-kalimat yang terdapat pada paragaraf tersebut.
Kalimat penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi
menjelaskan kalimat utama.
3.
Unsur
Intrinsik cerita (Tokoh, sifat, latar (waktu, tempat, suasana) tema,dan
pesan/amanat)
Buka lagi catatan semester 1.
4.
Surat
·
Tujuan membuat surat adalah memberi informasi.
·
Kamu perlu mengetahui bagian-bagian surat resmi dan
cara menuliskannya. (Kepala surat, nomor dan hal, kota dan tanggal, alamat
tujuan, salam pembuka, kalimat pembuka surat, isi surat, kalimat penutup, salam
penutup, penulis surat, tembusan)
·
Penulisan tanggal: Jakarta, 14 Mei 2014 (Nama kota
(koma), tanggal, bulan, tahun)
·
Salam pembuka (Dengan hormat,)
·
Setelah titik dua memakai huruf kecil kecuali nama
kota, judul kegiatan, nama orang
Kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada (tanpa titik dua)
hari:
Jumat, 5 Mei 2014
waktu:
jam 09.00-10.00
tempat: Sekolah Mentari
acara: persiapan perayaan
hari ulang tahun Sekolah Mentari
5.
Tanda
petik dalam kalimat langsung
Contoh:
·
“Siapa namamu?” tanya Sisi.
·
Sisi bertanya, “Siapa namamu?”
6.
Kata kerja
me-
Benar: menggaruk, mencuri, menghitung, menggergaji,
menguras, mengembun, mencetak, menjemput, menggendong, mencengkeram, mengarang,
mengritik, memotong, meminjam
Salah: mengaruk, menyuri, mengitung, mengergaji, mengkuras,
menembun, menyetak, mejemput, menyengkeram, mengkarang, mengkritik, mempotong,
mepinjam
Latihan
A. Cerita
rumpang
Kegiatan Keluarga Angga
1. Angga adalah anak terpandai di
kelasnya. Selain pandai, ia juga patuh kepada orang tuanya. Ia disenangi
teman-temannya karena rajin dan tidak sombong. Pak Midun adalah ayah Angga. Ia
seorang guru. Angga mempunyai adik yang bernama Anggi. Pak Midun memunyai pekerjaan
sampingan, yaitu memelihara ayam. Setiap pagi Angga rajin membantu ayahnya. …………
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi cerita di atas adalah ….
a. Angga makan dengan lahap
karena ia suka bekerja.
b. Angga menemani Anggi
belajar pada malam harinya.
c. Angga memberi makan ayam
sehingga pekerjaan ayahnya cepat selesai.
d. Angga dan Anggi rajin
sekolah.
2. Cermati kalimat rumpang berikut!
Pusat pertokoan itu dilengkapi dengan . . . untuk
menyenangkan dan menghibur para pengunjung.
Bagian yang hilang pada kalimat di atas sebaiknya
diisi dengan…..
a. Panggung
hiburan c.
tempat istirahat
b. Ruang
ganti d.
taman wisata
3. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf ini adalah…
........................................ Ia begitu terkejut
ketika daun pintu terbuka, seorang lelaki berwajah buruk tiba-tiba berdiri di
hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan tinjunya ke arah
perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut karena ternyata lelaki itu tak
bergeming.
a. Anto mengunci pintu
kamarnya.
b. Anto menahan daun pintu
itu dengan sekuat tenaga.
c. Dengan tanpa curiga Anto
membuka pintu.
d. Seseorang berdiri di pintu
depan.
B. Gagasan
utama dan gagasan penjelas
4. Gagasan utama pada paragraf ini
adalah …
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang
baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan
dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung
unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan
moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh
raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.
Gagasan utama pada paragraf di atas adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………….
5. Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini memiliki lima unsur
utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah manusia
itu. Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat pektin, kalium,
asam D’glukarik, dan fitokimia. Interaksi vitamin C dan serat pektin dikenal
sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.
Selain itu, ia juga dapat menurunkan racun dalam tubuh.
Kalimat
yang mengandung gagasan utama pada
paragraf di atas adalah
………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………
6. Banyak pengunjung pameran karya siswa merasa puas.
(2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang tak sempat
membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu karyanya selesai dipesan. (4)
Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan
nomor ………..
C.
Unsur Intrinsik cerita (Pesan/amanat,
tokoh, latar, sifat tokoh pada cerita)
7. Pelaku dalam sebuah cerita disebut . . .
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
8. Gagasan utama pada suatu cerita disebut juga . . .
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
9. Sakerah adalah salah satu prajurit yang gagah
berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam seribu bahasa,
itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya. Satu
persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh teman-teman
seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.
Dalam kutipan cerpen tersebut, watak tokoh Sakeran
adalah ……………………………..….
Bacalah
kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Masut :
Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku
andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita
mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut :
Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat. (Menyodorkan cangkir)
Guru :
Bisa saja istri kamu, Ut.
10. Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ………………………….
a.
santai c.
haru b.
tegang d.
seram
11. Latar tempat kutipan drama tersebut adalah …………………....
a. rumah
guru c.
ruang kerja
b. rumah Masut d.
ruang kelas
12. Apa watak Yoga pada teks drama ini?
Yoga : Kamu sudah degar berita
tentang Rury?
Pohan : Belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga :
Kemarin ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya patah dan sekarang dirawat di
rumah sakit.
Danu : Ah, biarkan saja biar dia tahu
rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh Yoga pada kutiban drama tersebut
adalah…..
a.Tidak
peduli c. Pencuriga
b. Masa
bodoh d. Perhatian
Bacalah cerita Batu Menangis untuk menjawab
soal nomor 13 dan 14
Batu Menangis
Di
sebuah bukit yang jauh dari desa,di daerah Kalimantan, hiduplah seorang janda
miskin dan seorang anak gadisnya. Anak gadisnya cantik jelita,namun perilakunya
amat buruk. Kerjanya hanya bersolek. Pada suatu hari anak gadis diajak ibunya
turunbke desa. Orang–orang memandanginya dengan terpesona. Anak gadis tersebut
tidak mau mengakui kalau yang berdiri di belakangnya adalah ibunya. Mendengar
hal itu berulang kali, ibunya lalu berdoa pada Tuhan untuk menghukumnya.
Atas
kekuasaan Tuhan maka jadilah ia menjadi batu.
13. Watak dari
gadis tersebut adalah…..
a. Baik
hati c.Sombong
b. Rendah
hati d.
Ringan tangan
14. Tema
dari cerita tersebut adalah…
a. Kita harus menyayangi
lingkungan sekitar.
b. Kita tidak boleh durhaka
kepada ayah kita.
c. Hendaknya sikap anak selalu
berbakti kepada orang tua bagaimanapun keadaannya
d. Kita harus menyayangi adik walaupun masih kecil
d. Kita harus menyayangi adik walaupun masih kecil
15. Munawardi : Toloong ada yang
mau jahat kepada saya!
Orang-orang : Mana…..mana orangnya ?
Dudi : Ayo
kita haajar biar kapok !
Kurdi : Jangan…..jangan
! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam kutipan drama
tersebut bijaksana adalah…..
a. Dia
mau membantu orang yang berbuat jahat
b. Dia
membertahukan orang yang berbuat jahat
c. Dia
mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d. Dia
mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
Surat
16. Penulisan kota dan tanggal yang benar pada surat
adalah …
a.
Jakarta, 14 Desember 2013 c.
Jakarta, Desember 14, 2013
b.
Jakarta 14 Desember 2013 d. Jakarta, 14
December 2013
17. Salam pembuka yang tepat pada surat resmi
adalah ………
a.
Hormat
kami, c.
Dengan hormat
b.
Dengan
hormat, d. Salam,
18. Penulisan isi undangan yang benar adalah ….
Sehubungan
dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
A. Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan
Imlek, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
hari, tanggal: Sabtu, Januari
2014
waktu : pukul
08.00 – 09.00
tempat :
Aula SMP Satria Bangsa
acara : Perayaan
Imlek
B.
Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap
kehadiran Bapak/Ibu pada
Hari, tanggal: Sabtu, Januari
2014
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Aula SMP Satria Bangsa
Acara : Perayaan Imlek
C.
Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap
kehadiran Bapak/Ibu pada:
hari, tanggal:
Sabtu, Januari 2014
waktu : Pukul
08.00 – 09.00
tempat :
Aula SMP Satria Bangsa
acara : Perayaan
Imlek
19. Salam
penutup pada surat resmi yang benar adalah …
a.
Hormat kami, c.
Dengan hormat,
b.
Hormat kami d.
Salam hormat,
D. Tanda
petik
20.
Di bawah ini penulisan kalimat langsung yang benar adalah..
a. Ibu berkata,”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut.”
b. Ibu berkata: ”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut”.
c. Ibu mengatakan bahwa. “Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut.”
d. Ibu berkata. ”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut”.
a. Ibu berkata,”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut.”
b. Ibu berkata: ”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut”.
c. Ibu mengatakan bahwa. “Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut.”
d. Ibu berkata. ”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut”.
21.
Di bawah ini penulisan
kalimat langsung yang benar adalah..
a. Ibu bertanya,”Di mana kamu tinggal?”.
b.Ibu bertanya: ”di mana kamu tinggal?”
c.Ibu bertanya, ”Di mana kamu tinggal?”
d.Ibu bertanya. ”Di mana kamu tinggal.”
a. Ibu bertanya,”Di mana kamu tinggal?”.
b.Ibu bertanya: ”di mana kamu tinggal?”
c.Ibu bertanya, ”Di mana kamu tinggal?”
d.Ibu bertanya. ”Di mana kamu tinggal.”
22.
Penulisan kalimat langsung yang benar adalah …
a.
“Namaku Parjono,” katanya dengan suara lemah
b.
“Namaku Parjono”, katanya dengan suara lemah.
c.
“Namaku Parjono, katanya dengan suara
lemah.”
d.
“Namaku Parjono,” kata Parjono dengan
suara lemah.
Pengulangan
dari semester 1:
23.
Penulisan judul di bawah ini yang benar adalah….
a. Petani Sukses Di Desaku
a. Petani Sukses Di Desaku
b. Belajar Berkebun di Rumah Nenek
c. Kisah Seorang Nelayan Di Pinggir Pantai
c. Kisah Seorang Nelayan Di Pinggir Pantai
d. Belajar membuat majalah dinding
24.
Penulisan
huruf kapital pada nama lembaga berikut yang benar adalah…
a. Ia kuliah di Universitas
gajah mada.
b. Mereka adalah wakil rakyat yang bekerja di Dewan Perwakilan
Rakyat.
c. Negara republik Indonesia didirikan
pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kakakku sekolah di sma 89.
25.
Semalam
Ibra menonton TV hingga larut malam. Bangun pun kesiangan, Ibra segera
mandi dan bergegas pergi ke sekolah, tetapi tetap saja ia terlambat.
Tanggapan terhadap cerita di atas adalah....
a. salah sendiri ia tidur larut malam
b. seharusnya Ibra tidak perlu nonton TV hingga larut malam
c. seharusnya orang tuanya melarang Ibra tidur hingga larut malam
d. seharusnya Ibra tidur lebih awal agar sampai di sekolah tepat waktunya
Tanggapan terhadap cerita di atas adalah....
a. salah sendiri ia tidur larut malam
b. seharusnya Ibra tidak perlu nonton TV hingga larut malam
c. seharusnya orang tuanya melarang Ibra tidur hingga larut malam
d. seharusnya Ibra tidur lebih awal agar sampai di sekolah tepat waktunya
26.
Peristiwa: Polisi sedang melerai dua orang
pemuda yang berkelahi di jalan.
Menurut pendapatmu, perilaku kedua pemuda itu adalah....
a. tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik
b. boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain
c. biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan
d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnya
Menurut pendapatmu, perilaku kedua pemuda itu adalah....
a. tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik
b. boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain
c. biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan
d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnya
27.
Di bawah ini yang
termasuk kalimat perintah yang berisi harapan adalah..
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnyad. Semoga kamu cepat sembuh!
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnyad. Semoga kamu cepat sembuh!
28.
Peristiwa: Polisi sedang melerai dua orang
pemuda yang berkelahi di jalan.
Menurut pendapatmu, perilaku kedua pemuda itu adalah....
a. tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik
b. boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain
c. biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan
Menurut pendapatmu, perilaku kedua pemuda itu adalah....
a. tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik
b. boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain
c. biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan
29.
Di bawah ini yang
termasuk kalimat perintah yang berisi harapan adalah..
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. Semoga kamu cepat sembuh!
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. Semoga kamu cepat sembuh!
No comments:
Post a Comment