Monday, February 24, 2014

Bahasa Indonesia term 3 (Ringkasan dan latihan)



  
Nama: __________                                                                               Kelas: _____
Tanggal:  ________                                                   Ringkasan bahasa Indonesia semester 3



1.  Cerita rumpang
Cerita rumpang adalah cerita yang sebagian isinya hilang. Untuk mengisinya kita perlu membaca keseluruhan dan menambahkan kata atau kalimat yang sesuai dengan isi keseluruhan.   Cerita rumpang bisa dalam bentuk bagian cerita yang dihilangkan, bagian surat yang dihilangkan, bagian percakapan dalam teks drama yang dihilangkan.

2.  Gagasan pokok/ide pokok/gagasan utama dan gagasan penjelas
 Ide pokok
Ide pokok bacaan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf. Gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Gagasan pokok terdapat pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal, diakhir, atau di tengah. Kalimat utama memiliki makna yang paling umum diantara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragaraf tersebut.
Kalimat penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan kalimat utama.

3.  Unsur Intrinsik cerita (Tokoh, sifat, latar (waktu, tempat, suasana) tema,dan pesan/amanat)
Buka lagi catatan semester 1.

4.  Surat
·         Tujuan membuat surat adalah memberi informasi.
·         Kamu perlu mengetahui bagian-bagian surat resmi dan cara menuliskannya. (Kepala surat, nomor dan hal, kota dan tanggal, alamat tujuan, salam pembuka, kalimat pembuka surat, isi surat, kalimat penutup, salam penutup, penulis surat, tembusan)
·         Penulisan tanggal: Jakarta, 14 Mei 2014 (Nama kota (koma), tanggal, bulan, tahun)
·         Salam pembuka (Dengan hormat,)
·         Setelah titik dua memakai huruf kecil kecuali nama kota, judul kegiatan, nama orang
Kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada (tanpa titik dua)
            hari: Jumat, 5 Mei 2014
            waktu: jam 09.00-10.00
tempat: Sekolah Mentari
acara: persiapan perayaan hari ulang tahun Sekolah Mentari
5.  Tanda petik dalam kalimat langsung
Contoh:
·         “Siapa namamu?” tanya Sisi.
·         Sisi bertanya, “Siapa namamu?”

6.  Kata kerja me-
Benar: menggaruk, mencuri, menghitung, menggergaji, menguras, mengembun, mencetak, menjemput, menggendong, mencengkeram, mengarang, mengritik, memotong, meminjam
Salah: mengaruk, menyuri, mengitung, mengergaji, mengkuras, menembun, menyetak, mejemput, menyengkeram, mengkarang, mengkritik, mempotong, mepinjam



Latihan

A.  Cerita rumpang

Kegiatan Keluarga Angga

1.     Angga adalah anak terpandai di kelasnya. Selain pandai, ia juga patuh kepada orang tuanya. Ia disenangi teman-temannya karena rajin dan tidak sombong. Pak Midun adalah ayah Angga. Ia seorang guru. Angga mempunyai adik yang bernama Anggi. Pak Midun memunyai pekerjaan sampingan, yaitu memelihara ayam. Setiap pagi Angga rajin membantu ayahnya. …………

Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerita di atas adalah ….
a.    Angga makan dengan lahap karena ia suka bekerja.
b.    Angga menemani Anggi belajar pada malam harinya.
c.    Angga memberi makan ayam sehingga pekerjaan ayahnya cepat selesai.
d.    Angga dan Anggi rajin sekolah.

2.     Cermati kalimat rumpang berikut!
Pusat pertokoan itu dilengkapi dengan . . . untuk menyenangkan dan menghibur para pengunjung.
Bagian yang hilang pada kalimat di atas sebaiknya diisi dengan…..
a.    Panggung hiburan                  c. tempat istirahat
b.    Ruang ganti                          d. taman wisata


3.    Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf ini adalah…

........................................ Ia begitu terkejut ketika daun pintu terbuka, seorang lelaki berwajah buruk tiba-tiba berdiri di hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan tinjunya ke arah perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut karena ternyata lelaki itu tak bergeming.
a.    Anto mengunci pintu kamarnya.
b.    Anto menahan daun pintu itu dengan sekuat tenaga.
c.    Dengan tanpa curiga Anto membuka pintu.
d.    Seseorang berdiri di pintu depan.

B.  Gagasan utama dan gagasan penjelas

4.     Gagasan utama pada paragraf ini adalah …
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.
Gagasan utama pada paragraf di atas adalah       
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………….

5.    Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini memiliki lima unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah manusia itu. Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat pektin, kalium, asam D’glukarik, dan fitokimia. Interaksi vitamin C dan serat pektin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ia juga dapat menurunkan racun dalam tubuh.
    Kalimat yang mengandung gagasan utama  pada paragraf di atas adalah
………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………

6.    Banyak pengunjung pameran karya siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan nomor ………..

C.    Unsur Intrinsik cerita (Pesan/amanat, tokoh, latar, sifat tokoh pada cerita)


7.    Pelaku dalam sebuah cerita disebut . . .
    a. Tokoh                                             c.  Tema
    b. Latar                                             d.  Alur

8.    Gagasan utama pada suatu cerita disebut juga . . .
    a. Gagasan penjelas                                      c.  Ide
    b. Latar cerita                                  d.  Gagasan pokok

9.    Sakerah adalah salah satu prajurit yang gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam seribu bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya. Satu persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.
Dalam kutipan cerpen tersebut, watak tokoh Sakeran adalah ……………………………..….

Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Masut : Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai tidak ada guru.
Guru :  Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat. (Menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.

10.  Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ………………………….
       a. santai                c. haru      b. tegang               d. seram

11.  Latar tempat kutipan drama tersebut adalah …………………....
a.    rumah guru                 c. ruang kerja
b.    rumah Masut                            d. ruang kelas
12.  Apa watak Yoga pada teks drama ini?
Yoga   : Kamu sudah degar berita tentang Rury?
Pohan : Belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga   : Kemarin ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya patah dan sekarang  dirawat di rumah sakit.
Danu  : Ah, biarkan saja biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh Yoga pada kutiban drama tersebut adalah…..
a.Tidak peduli                  c. Pencuriga
b. Masa bodoh                 d. Perhatian

Bacalah cerita Batu Menangis untuk menjawab soal nomor  13 dan 14
Batu Menangis
Di sebuah bukit yang jauh dari desa,di daerah Kalimantan, hiduplah seorang janda miskin dan seorang anak gadisnya. Anak gadisnya cantik jelita,namun perilakunya amat buruk. Kerjanya hanya bersolek. Pada suatu hari anak gadis diajak ibunya turunbke desa. Orang–orang memandanginya dengan terpesona. Anak gadis tersebut tidak mau mengakui kalau yang berdiri di belakangnya adalah ibunya. Mendengar hal itu berulang kali, ibunya lalu berdoa pada Tuhan untuk menghukumnya.
Atas kekuasaan Tuhan maka jadilah ia menjadi batu.

13.  Watak dari gadis tersebut adalah…..
a. Baik hati                              c.Sombong                                              
b. Rendah  hati                       d. Ringan tangan                                                                                   
14.  Tema dari cerita tersebut adalah…
a. Kita harus menyayangi lingkungan sekitar.
b. Kita tidak boleh durhaka kepada ayah kita.
c. Hendaknya sikap anak selalu berbakti kepada orang tua bagaimanapun keadaannya
d. Kita harus menyayangi adik walaupun masih kecil

15.    Munawardi   : Toloong ada yang mau jahat kepada saya!
Orang-orang :  Mana…..mana orangnya ?
Dudi            :  Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi           :  Jangan…..jangan ! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam kutipan  drama tersebut bijaksana adalah…..
a.  Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b.  Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
c.  Dia mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d.  Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.


Surat
16.  Penulisan kota dan tanggal yang benar pada surat adalah …
a.    Jakarta, 14 Desember 2013                             c. Jakarta, Desember 14, 2013
b.    Jakarta 14 Desember 2013                              d. Jakarta, 14 December 2013

17.  Salam pembuka yang tepat pada surat resmi adalah ………
a.    Hormat kami,                                          c. Dengan hormat
b.    Dengan hormat,                                       d.  Salam,

18.  Penulisan isi undangan yang benar adalah ….
Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
A.   Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
hari, tanggal: Sabtu, Januari 2014
waktu : pukul 08.00 – 09.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Perayaan Imlek

B.    Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
Hari, tanggal: Sabtu, Januari 2014
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Aula SMP Satria Bangsa
Acara : Perayaan Imlek

C.    Sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Imlek, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada:
hari, tanggal: Sabtu, Januari 2014
waktu : Pukul 08.00 – 09.00
tempat : Aula SMP Satria Bangsa
acara : Perayaan Imlek

19.  Salam penutup pada surat resmi yang benar adalah …
a.    Hormat kami,                  c. Dengan hormat,
b.    Hormat kami                   d. Salam hormat,

D.  Tanda petik
20.   Di bawah ini penulisan kalimat langsung yang benar adalah..
a. Ibu berkata,”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut.”
b. Ibu berkata: ”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut”.
c. Ibu mengatakan bahwa. “Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut.”
d. Ibu berkata. ”Jangan lupa sarapan, agar tidak sakit perut”.

21.     Di bawah ini penulisan kalimat langsung yang benar adalah..
a. Ibu bertanya,”Di mana kamu tinggal?”.
b.Ibu bertanya: ”di mana kamu tinggal?”
c.Ibu bertanya, ”Di mana kamu tinggal?”
d.Ibu bertanya. ”Di mana kamu tinggal.”

22.   Penulisan kalimat langsung yang benar adalah …
a.    “Namaku Parjono,” katanya dengan suara lemah
b.    “Namaku Parjono”,  katanya dengan suara lemah.
c.    “Namaku Parjono, katanya dengan suara lemah.”
d.    “Namaku Parjono,” kata Parjono dengan suara lemah.



Pengulangan dari semester 1:
23.   Penulisan judul di bawah ini yang benar adalah….
a. Petani Sukses Di Desaku
b. Belajar Berkebun di Rumah Nenek
c. Kisah Seorang Nelayan Di Pinggir Pantai                          
d. Belajar membuat majalah dinding

24.   Penulisan huruf kapital pada nama lembaga berikut yang benar adalah…
a. Ia kuliah di Universitas gajah mada.
b. Mereka adalah wakil  rakyat yang bekerja di Dewan Perwakilan Rakyat.
c. Negara republik Indonesia didirikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kakakku  sekolah di sma 89.

25.   Semalam Ibra menonton TV hingga  larut malam. Bangun pun kesiangan, Ibra segera mandi dan bergegas pergi ke sekolah, tetapi tetap saja ia terlambat.

    Tanggapan terhadap cerita di atas adalah....
   a. salah sendiri ia tidur larut malam
   b. seharusnya Ibra tidak perlu nonton TV hingga larut malam
   c. seharusnya orang tuanya melarang Ibra tidur hingga larut malam
   d. seharusnya Ibra tidur lebih awal agar sampai di sekolah tepat waktunya

26.    Peristiwa: Polisi sedang melerai dua orang pemuda yang berkelahi di jalan.

    Menurut pendapatmu, perilaku kedua pemuda itu adalah....
   a. tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik
   b. boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain
   c. biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan
   d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnya

27.   Di bawah ini yang termasuk kalimat perintah yang berisi harapan adalah..
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
  
        d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnyad. Semoga kamu cepat sembuh!
28.        Peristiwa: Polisi sedang melerai dua orang pemuda yang berkelahi di jalan.

    Menurut pendapatmu, perilaku kedua pemuda itu adalah....
   a. tidak terpuji, karena setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik
   b. boleh saja dilakukan asal tidak merugikan orang lain
   c. biasa-biasa saja, sebentar lagi juga berbaikan
29.   Di bawah ini yang termasuk kalimat perintah yang berisi harapan adalah..
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. Semoga kamu cepat sembuh!

No comments:

Post a Comment