Nama:
__________
Kelas: _____
Tanggal:
________
Ringkasan bahasa Indonesia semester 3
1. Kata hubung
a.
Menyatakan waktu: setelah, ketika, saat, lalu,
sebelum; pada, antara, menjelang, hingga, sampai
Contoh:
Ia datang setelah aku pulang
Daffa sedang tidur ketika ibunya datang.
b.
Menyatakan syarat: jika, kalau
Contoh:
Jika aku naik kelas, ibu akan membelikanku sepeda baru.
Dayang Sumbi mau menjadi istri Sangkuriang kalau Sangkuriang
mampu membuat sebuah telaga lengkap dengan perahunya dalam waktu satu malam.
c.
Menyatakan alasan: karena, sebab
Contoh:
Reirana tidak masuk sekolah karena sakit gigi.
Raina pintar sebab ia tidak malas.
d.
Menyatakan perlawanan: meskipun, walaupun, tetapi, namun
Contoh:
Dimas tetap percaya diri meskipun teman-temannya
banyak yang mengejek.
Walaupun Nancy tidak pandai, ia sangat rajin.
e. Menyatakan akibat: sehingga
Contoh:
Ia jatuh sehingga kakinya lecet.
f.
Menyatakan pilihan: atau
Contoh:
Saya tidak
tahu apakah saya akan membeli buku ini atau
buku itu.
2. Gagasan pokok/ide pokok/gagasan utama dan gagasan penjelas
Ide pokok
Ide pokok bacaan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu paragraf.
Gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf.
Gagasan pokok terdapat pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal,
diakhir, atau di tengah. Kalimat utama memiliki makna yang paling umum diantara
kalimat-kalimat yang terdapat pada paragaraf tersebut.
Kalimat penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi menjelaskan
kalimat utama.
3. Unsur Intrinsik cerita (Tokoh, sifat, latar (latar waktu, latar tempat, latar suasana) tema,dan pesan/amanat)
4. Kata kerja me-
Kata dasar yang dimulai dengan huruf
p, t, k, s harus berubah:
Potong à memotong
Tolong à menolong
Kurung à mengurung
Sapu à menyapu
Benar: menggaruk, mencuri, menghitung, menggergaji, menguras,
mengembun, mencetak, menjemput, menggendong, mencengkeram, mengarang,
mengritik, memotong, meminjam
Salah: mengaruk, menyuri, mengitung, mengergaji, mengkuras, menembun,
menyetak, mejemput, menyengkeram, mengkarang, mengkritik, mempotong, mepinjam
·
Kami menuruni tangga. (Arti: berjalan turun
melalui tangga)
·
Kami menurunkan barang dari atas meja.
(Arti: membawa barang turun)
·
Ia membawa buku. (Arti: bisa untuk dirinya,
bisa untuk orang lain)
·
Ia membawakan buku adiknya. (Arti: membawa
buku untuk orang lain)
·
Anak-anak mendengarkan guru dengan baik.
(Arti: sungguh-sungguh mendengarkan)
·
Anak-anak mendengar guru yang berbicara.
(Arti: tidak sungguh-sungguh mendengarkan)
Kata kerja ber-
Ajar àbelajar, belanja
à berbelanja,
nyanyi à bernyanyi,
jalan (berjalan)
5. Kalimat perintah
Kalimat perintah
memakai kata dasar:
·
Pergi ke kamar sekarang! (‘Pergi’ adalah
kata dasar.)
·
Kunci pintunya! (‘Kunci’ adalah kata
dasar.)
Kata tolong dan
partikel –lah membuat kalimat perintah lebih halus
·
Pergilah ke kamar sekarang. (Lebih halus
daripada “Kunci pintunya!”)
·
Tolong kunci pintunya. (Lebih halus
daripada “Kunci pintunya!)
Latihan
A. Kata hubung (Isilah titik-titik berikut dengan kata
hubung yang sesuai!)
Permukaan bumi yang
naik tinggi disebut gunung. Dataran
yang tinggi 1) ................
luas di sekitar pegunungan dan perbukitan
disebut daratan tinggi, sedangkan dataran luas yang jauh lebih rendah dari pegunungan dan perbukitan
disebut dataran rendah. Di dataran tinggi dan rendah terdapat beberapa areal yang berupa cekungan-cekungan
cukup dalam 2) ....................... cekungan
itu sangat curam dan dalam disebut jurang. Bila cekungan itu berisi air disebut danau, lubuk, telaga, 3) .................
sungai. Sungai yang mengalir turun ke dalam patahan bumi disebut air terjun.
Olahraga untuk
meningkatkan kebugaran sebaiknya dilakukan secara rutin, ringan, 4)...................... tidak terlalu
lama. 5).................
memungkinkan, secara berangsur-angsur ditingkatkan. Dari semula melakukan jalan
kaki ringan, kemudian ditingkatkan menjadi berlari santai. Berenang adalah
salah satu contoh olahraga yang dapat meningkatkan kualitas kerja otot jantung
dan paru-paru kita. Berjalan, berlari, dan berenang merupakan kegiatan olahraga
untuk melatih otot jantung kita.
6. . .............................. berolah
raga, biasanya saya merasa haus.
a. Dan b. karena
c. Setelah d.
atau
7. .
......................... bulan purnama, bulan bersinar terang.
a. Di c. Kemudian
b. Di dalam d.
Pada
B. Gagasan utama dan gagasan penjelas
8. Sila-sila dalam Pancasila juga
menunjukkan hal-hal yang menjadi aturan dasar bernegara di Indonesia. Semua
aturan, peraturan, dan hukum yang berlaku di negara kita dibuat sesuai dengan
isi dan semangat Pancasila. Dengan memahami dan menghayati Pancasila sebagai
sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, maka negara kita menjamin
kesetaraan dan keadilan hukum bagi semua warganya.
Gagasan utama pada paragraf di atas
adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………
9.
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula.
Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang
lucu, tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat
pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh
orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.
Gagasan utama pada paragraf di atas
adalah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………
10.
Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. Buah ini
memiliki lima unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan
pembuluh darah manusia itu. Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C,
serat pektin, kalium, asam D’glukarik, dan fitokimia. Interaksi vitamin C dan
serat pektin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan
kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ia juga dapat menurunkan racun dalam tubuh.
Kalimat yang mengandung gagasan utama
pada paragraf di atas adalah
………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………
11. (1) Banyak pengunjung pameran karya
siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan,
pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu
karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun
sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut
ditunjukkan dengan nomor ………..
C. Unsur Intrinsik cerita (Pesan/amanat, tokoh, latar, sifat tokoh pada cerita)
12. Pelaku dalam sebuah cerita disebut .
. .
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
13. Gagasan utama pada suatu cerita
disebut juga . . .
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
14. Sakerah adalah salah satu prajurit
yang gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam
seribu bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya.
Satu persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh
teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.
Dalam kutipan cerpen tersebut, watak
tokoh Sakeran adalah ……………………………..….
Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan
11!
Masut : Guru,
terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai
tidak ada guru.
Guru :
Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya
sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut :
Lebih baik kalau ngobrolnya sambil minum teh hangat. (Menyodorkan
cangkir)
Guru : Bisa
saja istri kamu, Ut.
15. Suasana yang tergambar pada drama
tersebut adalah ………………………….
a. santai c.
haru b.
tegang d.
seram
16. Latar tempat kutipan drama tersebut
adalah …………………....
a. rumah
guru c.
ruang kerja
b. rumah
Masut
d. ruang kelas
17. Apa watak Yoga pada teks drama ini?
Yoga : Kamu sudah dengar berita tentang Rury?
Pohan : Belum, memang ada apa
dengan Rury?
Yoga : Kemarin ia jatuh dari pohon mangga.
Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit. Kasihan sekali
dia.
Danu : Ah, biarkan saja
biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh Yoga pada kutiban drama
tersebut adalah…..
a.Tidak
peduli c. Pencuriga
b. Masa
bodoh d. Perhatian
Bacalah cerita Batu Menangis
untuk menjawab soal nomor 13 dan 14
Batu Menangis
Di sebuah bukit yang jauh dari desa,di daerah Kalimantan,
hiduplah seorang janda miskin dan seorang anak gadisnya. Anak gadisnya cantik
jelita, namun perilakunya
amat buruk. Kerjanya hanya bersolek. Pada suatu hari anak gadis diajak ibunya
turun ke desa.
Orang–orang memandanginya dengan terpesona. Anak gadis tersebut tidak mau
mengakui kalau yang berdiri di belakangnya adalah ibunya. Mendengar hal itu
berulang kali, ibunya lalu berdoa pada Tuhan untuk menghukumnya.
Atas kekuasaan Tuhan maka jadilah ia menjadi batu.
18. Watak dari gadis tersebut
adalah…..
a. Baik hati
c.Sombong
b. Rendah hati
d. Ringan tangan
19. Amanat dari cerita tersebut adalah…
a. Kita harus menyayangi lingkungan
sekitar.
b. Kita tidak boleh durhaka kepada
ayah kita.
c. Hendaknya sikap
anak selalu berbakti kepada orang tua bagaimanapun keadaannya
d. Kita harus menyayangi adik walaupun masih kecil
d. Kita harus menyayangi adik walaupun masih kecil
20. Munawardi : Toloong
ada yang mau jahat kepada saya!
Orang-orang : Mana…..mana
orangnya ?
Dudi : Ayo
kita hajar biar kapok !
Kurdi : Jangan…..jangan
! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam kutipan
drama tersebut bijaksana adalah…..
a. Dia mau membantu orang
yang berbuat jahat
b. Dia memberi tahu orang yang berbuat jahat
c. Dia mengajak orang
orang untuk menghajas perampok
d. Dia mengingatkan
orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
21. Di bawah ini
yang termasuk kalimat perintah yang berisi harapan adalah..
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnya. Semoga kamu cepat sembuh!
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. bagus sekali, karena berani mempertahankan prinsipnya. Semoga kamu cepat sembuh!
22. Di bawah ini
yang termasuk kalimat yang berisi ajakan adalah..
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. Ayo kita makan!
a. Pergilah, ambil kesempatan itu!
b. Jangan dimakan kuenya!
c. Hore, aku mendapat juara!
d. Ayo kita makan!
D. Kata kerja
Kaligrafi adalah seni 23. (tulis) _____________
indah. Seni kaligrafi berkembang 24. (kembang) ______________ pada zaman kebudayaan
madya. Kaligrafi berwujud tulisan indah
yang 25. (rupa) _____________ komposisi huruf-huruf Arab yang
biasanya merupakan rangkaian
ayat-ayat suci dalam Al-quran. Rangkaian tersebut disusun sedemikian rupa
sehingga 26.
(bentuk) ______________ suatu gambar atau ukiran
yang indah.
Di sebuah hutan, para binatang sedang berlatih berperang. Mereka
dipimpin oleh Komandan Singa. Akhir-akhir ini wilayah hutan itu tidak
aman. Musuh dari wilayah lain sedang 27. (incar) ______________ hutan itu untuk mereka kuasai. Kambing
dan Macan bersemangat 28. (panggul) _____________ senjata. Mereka merayap dengan cepat. Kadang mereka 29. (lari)
______________ lincah sambil menarik picu senjata
ke arah
sasaran latihan. Tembakan mereka selalu jitu 30. (kena) ___________ sasaran. Begitu pula Jerapah, Gajah, Rusa, dan
penghuni hutan lainnya. Komandan Singa senang menyaksikan anggotanya giat
berlatih.
Hari itu aku 31. (jemput) ___________
temanku ke rumahnya. Aku mau 32. (pinjam) _____________ gergaji untuk 33.
(potong) ___________ bambu. Kami akan 34. (buat) ____________ pagar karena ada
orang yang sering 35 (curi) ____________ buah di kebunku.
No comments:
Post a Comment