A.
Ringkasan dan latihan
bahasa Indonesia term 4
Kata Hubung
Selain kata hubung dan,
atau, tetapi, ada kata hubung lain. Kata hubung adalah kata yang
berfungsi menyambung induk kalimat dengan anak kalimat pada kalimat majemuk.
Kata hubung dapat digolongkan berdasarkan fungsinya, yaitu untuk:
a. Menyatakan
waktu: setelah, ketika, saat,
lalu, sebelum, pada, antara, menjelang, hingga, sampai
Contoh:
Ia datang setelah aku pulang
Daffa sedang tidur ketika ibunya
datang.
Sakti pulang sebelum aku datang.
Menjelang sore, pertandingan itu baru selesai.
b.
Menyatakan syarat: jika , kalau
Contoh:
Jika aku naik kelas, ibu
akan membelikanku sepeda baru.
Dayang Sumbi mau menjadi istri
Sangkuriang kalau Sangkuriang mampu membuat sebuah telaga lengkap dengan
perahunya dalam waktu satu malam.
c. Menyatakan
sebab: karena, sebab
Contoh:
Reirana tidak masuk sekolah karena
sakit gigi.
Raina
pintar sebab ia tidak malas.
d. Menyatakan
perlawanan/pertentangan: meskipun, walaupun, tetapi, namun
Contoh:
Dimas tetap percaya diri meskipun
teman-temannya banyak yang mengejek.
Walaupun Nancy tidak pandai,
ia sangat rajin.
d. Menyatakan akibat:
sehingga
Contoh: Ia jatuh sehingga
lututnya lecet.
e. Menyatakan pilihan: atau
Contoh:
Saya tidak tahu apakah saya akan membeli buku ini atau buku itu.
Catatan:
·
Kalau kata hubung
diletakkan di depan, jangan lupa memaki tanda koma.
Karena aku tidak
mendengarkan, aku tidak tahu.
Surat
a)
Tujuan membuat surat adalah memberi informasi.
b) Kamu perlu
mengetahui bagian-bagian surat resmi dan cara menuliskannya. (Kepala surat,
nomor dan hal, kota dan tanggal, alamat tujuan, salam pembuka, kalimat pembuka
surat, isi surat, kalimat penutup, salam penutup, penulis surat, tembusan)
c) Penulisan
tanggal: Jakarta, 14 Mei 2014 (Nama kota (koma), tanggal, bulan, tahun)
d) Salam
pembuka: Dengan hormat, ; salam
penutup: Hormat kami,
e) Setelah titik
dua memakai huruf kecil kecuali nama kota, judul kegiatan, nama orang. Huruf
kapital tidak dipakai karena tidak ada tanda titik di kalimat sebelumnya, hanya
tanda titik dua ( : )
Contoh:
Kami mengundang
Bapak/Ibu untuk hadir pada (tanpa titik dua)
hari: Jumat, 5 Mei 2016
waktu: jam 09.00-10.00
tempat: Sekolah
Mentari
acara: persiapan
perayaan hari ulang tahun Sekolah Mentari
Kalimat perintah
Kalimat perintah memakai kata dasar:
a)
Pergi ke kamar sekarang! (‘Pergi’ adalah kata dasar.)
b)
Kunci pintunya! (‘Kunci’ adalah kata dasar.)
Kata tolong dan partikel –lah membuat kalimat perintah lebih halus
a) Pergilah ke kamar
sekarang. (Lebih halus daripada “Kunci pintunya!”)
b) Tolong kunci
pintunya. (Lebih halus daripada “Kunci pintunya!)
·
Kata “jangan...” dipakai untuk menunjukkan larangan. (Jangan makan!)
·
Kata “ayo..., mari .....” dipakai untuk menunjukkan ajakan. (Ayo pergi!)
·
Kata “harap” menunjukkan harapan. (Saya harap kalian belajar dengan baik.)
·
Kata “mohon” menunjukkan permohonan. (Mohon perhatian. Pesawat akan mendarat sebentar lagi.)
·
Kata “biarkan ... atau biarlah....” menunjukkan pembiaran. (Biarkan ia sendiri!)
Membaca jadwal kereta, pesawat, dan resep
1. Bacalah judul
2. Bacalah baris dan kolom pertama, pahami isinya
JADWAL
PERJALANAN KERETA API
STASIUN
SOLO BALAPAN
JURUSAN
|
BERANGKAT
|
TIBA
|
KELAS
|
JAKARTA
|
|
|
|
Argo Lawu
|
8.15
|
16.15
|
Eksekutif
|
Senja Utama
|
18.00
|
4.24
|
Bisnis
|
Bima
|
21.04
|
05.50
|
Eksekutif
|
|
|
|
|
BANDUNG
|
|
|
|
Argo Wilis
|
11.37
|
19.45
|
Eksekutif
|
Mutiara
|
21.35
|
06.25
|
Bisnis
|
Jawab
pertanyaan berikut!
1.
Dari manakah kereta
api yang di dalam tabel tersebut berangkat?
2.
Ke mana tujuan
kereta dari tempat tersebut?
3.
Apa nama kereta
yang berangkat menuju Bandung?
4.
Ada berapa kelas
kereta yang berangkat dari kota tersebut?
5.
Jam berapa kereta
Bima yang menuju Jakarta berangkat?
6.
Kalau kamu ingin
naik kereta bisnis yang menuju Jakarta, kereta apa yang bisa kamu pakai?
7.
Kereta apa yang
paling cepat sampai ke Jakarta pada sore dan malam hari?
8.
Jam berapakah
kereta api Argo Wilis tiba di Bandung?
Petunjuk
penggunaan obat sakit kepala
1.
Usia 3-5 tahun: 2 x 1 tablet per
hari.
2.
Usia 6-10 tahun: 3 x 1 tablet per
hari.
3.
Usia 11 – 15 tahun: 3 x 1.5 tablet
per hari.
4.
Usia 16 tahun ke atas: 3 x 2 tablet
per hari.
Obat
dimakan setelah makan.
Jawab pertanyaan berikut!
1.
Untuk mengobati apa
tablet tersebut?
2.
Apa arti tulisan 2
x 1 tablet per hari?
3.
Apa arti tulisan 3
x 2 per hari?
4.
Jika Agnes berusia
18 tahun, berapa tablet yang harus ia minum per hari?
5.
Jika Didi berusia 3
tahun, berapa kali ia harus makan obat?
6.
Bolehkah obat
dimakan sebelum makan?
Tulislah makna kata hubung yang digarisbawahi!
Contoh:
Afi merasa sakit, tetapi ia tetap
saja berlari-lari. (tetapi: pertentangan)
1.
Jika
Shah berjalan, semua anak memandangnya dengan kagum. (jika: ______________)
2.
Ia menangis karena ia mendapat nilai jelek. (karena : _________________)
3.
Setelah
kami berlatih keras, kami beristirahat di bawah pohon. (Setelah: ___________)
4.
Denny meraung-raung kesakitan kalau perutnya ditekan. (kalau:
__________________)
5.
Meskipun Juminten anak desa, ia tidak takut pergi ke
kota. (meskipun: ____________)
6.
Jenasah pahlawan didoakan sebelum dikebumikan. (sebelum:
___________________)
7.
Walaupun
kami bodoh, kami tidak mau menyerah. (walaupun: __________________)
8.
Kami bisa bermain atau tidur selama dua jam.
(atau: ___________________)
9.
Pemburu itu kesal sebab binatang buruannya lolos.
(sebab: ____________________)
10. Mereka merangkak kemudian berdiri tegak. (kemudian: _____________________)
LATIHAN BAHASA INDONESIA
KELAS : 5 (lima) Term 4 - 2016
NAMA : _______________________
KELAS : 5 (lima) Term 4 - 2016
NAMA : _______________________
A. Pilihlah salah
satu jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!
1. Longsornya
timbunan bukit di Batujajar menyebabkan bencana alam. Peristiwa ini telah
menelan banyak korban jiwa dan harta benda. Banyak rumah dan bangunan lain
rusak berat. Selain itu beberapa anak menjadi korban. Sebagian penduduk
mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Gagasan utama cerita di atas adalah....
A. Semua penduduk pergi dari tempat bencana.
B. Timbunan bukit di Batujajar longsor.
C. Longsor menyebabkan korban jiwa dan harta.
D. Penduduk mengungsi ke tempat aman.
Gagasan utama cerita di atas adalah....
A. Semua penduduk pergi dari tempat bencana.
B. Timbunan bukit di Batujajar longsor.
C. Longsor menyebabkan korban jiwa dan harta.
D. Penduduk mengungsi ke tempat aman.
2. Bangsa
Indonesia sangat kaya dengan berbagai kesenian daerah. Yang dimaksud kesenian
daerah adalah kesenian yang berasal dari daerah-daerah nusantara. Kesenian
tersebut terbagai dalam banyak bentuk seperti seni tari, seni pahat, seni
musik, dll. Jadi bangsa Indonesia perlu bangga dan memelihara kesenian
tersebut.
Kesimpulan bacaan di atas adalah.....
A. Kekayaan tradisional di Indonesia.
B. Kesenian tradisional adalah indah dan kita harus bangga dengannya.
C. Kebudayaan daerah sangat banyak.
D. Bangsa Indoesia perlu bangga dan melestarikan berbagai kesenian daerah.
Kesimpulan bacaan di atas adalah.....
A. Kekayaan tradisional di Indonesia.
B. Kesenian tradisional adalah indah dan kita harus bangga dengannya.
C. Kebudayaan daerah sangat banyak.
D. Bangsa Indoesia perlu bangga dan melestarikan berbagai kesenian daerah.
3.
Hujan deras dan angin kencang menyebabkan jembatan penghubung Desa
Kertamulyo dengan Kota Yogyakarta terputus. Keadaan tersebut mengakibatkan
warga desa kesulitan transportasi. Mereka harus menempuh jarak tiga kali lebih
lama untuk bisa sampai ke kota. Para pekerja, pedagang, dan anak-anak sekolah
banyak yang terlambat sampai di tujuan.
Isi cuplikan laporan tersebut adalah . . .
A. Gangguan
akibat hujan dan angin kencang.
B. Gangguan
transportasi akibat jembatan terputus.
C.
Keterlambatan orang-orang sampai ke tempat tujuan.
D.
Perjalanan warga desa ke kota melalui jembatan yang putus.
4.
Andi sakit kepala dan mendapat obat yang bertuliskan “3 x 2 tablet per
hari” pada botol obat yang diberikan dokter.
Pernyataan yang sesuai dengan resep tersebut adalah
….
A. Andi bisa memakai obat tersebut untuk obat sakit
perut.
B. Obat tersebut dimakan dua kali sehari, setiap
kali makan tiga tablet.
C. Obat tersebut dimakan tiga kali sehari, setiap
kali makan dua tablet.
D. Andi bisa makan enam tablet dalam sekali makan.
Bacalah tabel ini untuk mengerjakan soal nomor 5, 6, dan 7
Jadwal Perjalanan
Bus
Terminal Pulo
Gadung – Jakarta
JURUSAN
|
BERANGKAT
|
TIBA
|
KELAS
|
Yogyakarta
|
|
||
Ramayana
|
14.00
|
05.15
|
Eksekutif
|
Handoyo
|
18.00
|
04.24
|
Bisnis
|
Rowena
|
18.30
|
05.50
|
Eksekutif
|
Bandung
|
|||
Melati
|
11.00
|
13.00
|
Eksekutif
|
Rosalia Indah
|
15.30
|
18.00
|
Bisnis
|
5. Dari manakah
bus yang ada di dalam tabel berangkat?
A. Terminal Pulo Gadung
C. Yogyakarta
B. Bandung
D. Ramayana
6.
Bus manakah yang berangkat siang dari Jakarta ke Yogyakarta?
A. Ramayana
C. Handoyo
B. Rowena
D. Melati
7.
Jam berapa bus Melati berangkat ke Bandung?
A. 15.30
C. 11.00
B. 13.00
D. 18.00
Puisi (untuk
menjawab soal nomor 8, 9, 10 dan 11)
Doa Orang Lapar - WS Rendra
Kelaparan adalah burung gagak
yang licik dan hitam
jutaan burung-burung gagak
bagai awan yang hitam
Allah !
burung gagak menakutkan
dan kelaparan adalah burung gagak
selalu menakutkan
kelaparan adalah pemberontakan
adalah penggerak gaib
dari pisau-pisau pembunuhan
yang diayunkan oleh tangan-tangan orang miskin
yang licik dan hitam
jutaan burung-burung gagak
bagai awan yang hitam
Allah !
burung gagak menakutkan
dan kelaparan adalah burung gagak
selalu menakutkan
kelaparan adalah pemberontakan
adalah penggerak gaib
dari pisau-pisau pembunuhan
yang diayunkan oleh tangan-tangan orang miskin
8.
Penggalan puisi tersebut berisi tentang…
A. Kengerian
akibat kelaparan C.
Kelaparan adalah burung gagak
B. Doa
orang lapar D. Burung gagak
9.
Apa perasaan yang ingin diungkapkanoleh WS Rendra?
A. Ketidakpedulian C. Ketakutan
B. Keberanian D.
Kengerian
10.
Siapa yang lapar dalam puisi tersebut?
A. Burung gagak C.
Orang miskin
B. Semua
orang D. Orang yang memberontak
11.
Penyair mengibaratkan kelaparan sebagai…
A. Burung gagak C. Burung nuri
B. Awan putih D. Orang miskin
12.
Akhirnya keyakinanku bahwa Pak Diran tidak sakit, luruh juga. Masak kalau
sehat, sudah seminggu ini tidak ada kabar sama sekali. Pasti sakitnya berat,
pikirku. Atau jangan-jangan kecelakaan? Maklum, sepeda tuanya yang sudah
berkali-kali patah setangnya dan berkali-kali pula keluar masuk bengkel las,
tidak bisa jadi jaminan keselamatannya. Ah, ternyata sepedanya dicuri sehingga
ia tidak bisa masuk kerja. Pernah kutawarkan untuk mengganti
sepeda tuanya yang hilang dengan yang baru. Walau keluargaku tidak kaya,
jika Pak Diran mau, aku bisa menalanginya dahulu. Namun, Pak Diran tetap tidak mau.
Pernyataan yang
sesuai dengan isi cerita di atas adalah …
A. Pak Diran sakit.
B. Sepeda Pak Diran diganti dengan sepeda baru.
C. Pak Diran tidak mau menerima tawaranku.
D. Sepeda Pak Diran tidak dicuri.
Bacalah
kutipan ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Seruni
Suatu hari, Seruni mengalami kecelakaan. Peristiwa ini menyebabkan Seruni
tidak mampu lagi menggerakkan jemarinya. Dia pun kehilangan semangat hidupnya.
Namun ibunya mengajarinya untuk selalu berterima kasih pada Tuhan atas apa yang
mereka miliki. Seruni mulai mau menerima keadaan dirinya dan belajar dengan
tekun sampai akhirnya ia menjadi pelukis dengan memakai kaki yang terkenal.
Kisah Seruni ini banyak memberikan pelajaran berharga bagi pembaca.
Cerita ini berusaha mengenalkan pelajaran arti hidup, terutama berterima kasih
atas sesuatu yang diberikan Tuhan. Kecacatan tubuh bukanlah segala-galanya
untuk ditangisi.
13.
Dalam kutipan cerpen tersebut, watak tokoh Seruni adalah adalah ………
A. Mudah menyerah C. Penyabar
B. Mudah putus asa D. Penuh
syukur
14.
Dalam kutipan cerita ‘Seruni’, amanat cerita yang sesuai adalah…
A. Cerita Seruni patut dicontoh.
B. Seruni mau menerima
keadaan dirinya yang cacat.
C. Menangisi kemalangan
adalah hal yang wajar.
D. Selalu bersyukur pada
pemberian Tuhan.
Bacalah kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Masut : Guru,
terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku andai
tidak ada guru.
Guru :
Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya
sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut :
Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat. (Menyodorkan
cangkir)
Guru : Bisa
saja istri kamu, Ut.
15.
Suasana yang tergambar pada drama tersebut adalah ………………………….
A.
santai B.
haru
C.
tegang D. Seram
16.
Latar tempat kutipan drama tersebut adalah …………………....
A. rumah
guru C. ruang kerja
B. rumah Masut D. ruang kelas
Bacalah
surat ini untuk menjawab soal nomor 17-19!
Jakarta, 05 Agustus
2016
Dengan
hormat,
Dengan memohon ridha Allah Swt., kami bermaksud
menyelenggarakan khitanan putra kami yang Insya Allah akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Minggu, 25 April 2016
waktu : pukul 11.00 s.d. selesai
tempat : Aula Serbaguna, Jalan Mawar 25, Jakarta
Suatu kehormatan yang tiada terhingga bagi kami
apabila Bapak/Ibu/Saudara berkenan memenuhi undangan kami.
Atas kehadiran dan doa restu Bapak/Ibu/Saudara,
kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Lazuardi, S.Pd./Kinanti,
S.S.
17.
Apa isi surat tersebut?
A. Pertemuan di rumah Bapak Lazuardi C. Peresmian Aula
Serbaguna
B. Undangan kepada
Bapak/Ibu/Saudara D. Anak Bapak Lazuardi akan dikhitan.
18.
Kapan acara dalam undangan itu akan berlangsung?
A. 05 Agustus 2016 C. 05
April 2016
B. 25 April 2016 D. 25
Agustus 2016
19.
Siapa yang mengundang acara khitanan tersebut?
A. Bapak dan Ibu C. Ibu
Kinanti
B. Lazuardi, S.Pd./Kinanti,
S.S. D. Putra Bapak
Lazuardi
20.
Penulisan kota dan tanggal yang benar pada surat adalah …
A. Jakarta, 14 Desember 2013
C. Jakarta, Desember 14, 2013
B. Jakarta 14 Desember
2013 D. Jakarta, 14 December 2013
21.
Salam pembuka yang tepat pada surat resmi adalah ………
A. Hormat kami,
C. Dengan hormat
B. Dengan
hormat,
D. Salam,
22.
Salam penutup pada surat resmi yang benar adalah …
A. Hormat
kami,
C. Dengan
hormat,
B. Hormat
kami
D. Salam
hormat,
Bacalah tabel berikut untuk
menjawab soal nomor 23, 24, dan 25
Jadwal Kereta
Stasiun Solo Balapan
Nama Kereta
|
Dari
|
Tujuan
|
Berangkat
|
Tiba
|
Kelas
|
Argo Lawu
|
Solo
|
Jakarta
|
8.15
|
16.15
|
Eksekutif
|
Senja Utama
|
Solo
|
Jakarta
|
18.00
|
4.24
|
Bisnis
|
Argo Wilis
|
Solo
|
Bandung
|
11.37
|
19.45
|
Eksekutif
|
Turangga
|
Solo
|
Bandung
|
23.45
|
7.04
|
Eksekutif
|
Jayabaya
|
Solo
|
Surabaya
|
0.28
|
5.29
|
Bisnis
|
Bima
|
Solo
|
Surabaya
|
3.00
|
8.14
|
Eksekutif
|
23.
Dari manakah kereta yang ada dalam jadwal tersebut berangkat?
A. Jakarta C.
Bandung
B. Solo D. Surabaya
24.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan jadwal perjalanan tersebut
adalah…
A. Kereta yang waktu pemberangkatannya paling
akhir adalah Senja Utama.
B. Kereta yang waktu pemberangkatannya
paling awal adalah Jayabaya.
C. Kereta yang tiba di Bandung paling
awal adalah Argo Wilis.
D. Kereta yang tiba di Jakarta paling akhir
adalah Senja Utama.
25.
Jika kalian ingin pergi ke Bandung tiba lebih awal, maka kereta
yang digunakan adalah…
A. Argo Wilis C. Argo
Lawu
B. Turangga D. Bima
Jadwal kereta api berikut untuk menjawab soal nomor 26 dan 27.
Jadwal Kereta
No
|
Nama Kereta Api
|
Jurusan
|
Berangkat
|
Tiba
|
1.
|
Fajar Utama
|
Jakarta – Yogyakarta
|
08.00
|
16.56
|
2.
|
Gumarang
|
Jakarta – Semarang
|
21.35
|
04.54
|
3.
|
Senja Utama
|
Jakarta – Solo
|
18.00
|
04.00
|
4.
|
Argo Wilis
|
Jakarta – Surabaya
|
14.25
|
07.51
|
26.
Pernyataan yang sesuai isi jadwal tersebut adalah...
A. Argo Wilis
akan berangkat dari Jakarta menuju Solo pukul 14.25.
B. Fajar
Utama jurusan Jakarta – Yogyakarta akan tiba di Yogyakarta pada pukul 04.00.
C. Jurusan
Jakarta – Solo dilayani oleh Fajar Utama dan Senja Utama.
D. Pada pukul
04.54, Gumarang akan tiba di Semarang dari Jakarta.
27.
Kereta api yang paling cepat berangkat dari Jakarta adalah...
A. Fajar Utama C. Gumarang
B. Senja
Utama D. Argo
Wilis
28.
.............................. berolah raga, biasanya saya merasa haus.
A.
Dan
C. Karena
B.
Setelah
D. Atau
29.
. ......................... bulan purnama, bulan bersinar terang.
a.
Di
c. Kemudian
b. Di
dalam
d. Pada
Gunakan kata kerja
dengan memakai awalan me-
atau di- dengan benar!
Proses Pencernaan
Makanan
Pertama kali gigi di dalam mulut #1.
hancur: _______________ makanan.
Lalu makanan bergerak ke bawah ke arah lambung. Lambung #2. cerna: ___________ makanan secara
kimiawi dengan bantuan enzim yang #3. sebut:
____________ pepsin. Protein #4. ubah:
____________ menjadi pepton dengan bantuan Pepsin. Di dalam lambung terdapat asam yang
menyebabkan lambung menjadi asam. Asam klorida #5. hasil: ____________ oleh dinding lambung. Asam klorida berfungsi
untuk #6. bunuh: _____________ kuman penyakit dan mengaktifkan pepsin.
Ketika proses pencernaan terjadi di lambung, otot-otot dinding lambung
berkontraksi. Hal tersebut menyebabkan makanan akan tercampur dan teraduk
dengan enzim serta asam klorida. Secara bertahap, makanan akan #8. jadi: ___________ berbentuk bubur. Kemudian, makanan yang telah
mengalami pencernaan akan bergerak sedikit demi sedikit ke dalam usus
halus.
Ringkasan dan latihan PPKn
Nama:
_________________
Kelas: ___
Tanggal:
________________
Menaati peraturan
perundang-undangan
Semua tempat
memiliki peraturan. Peraturan dibuat untuk mengatur dan menertibkan manusia.
Demikian pula dengan undang-undang. Undang-undang dibuat dan disepakati.
Gunanya sama dengan peraturan, yaitu untuk mengatur perikehidupan kita semua.
Peraturan
perundang-undangan adalah peraturan tertulis yang dibentuk oleh lembaga negara
atau pejabat yang berwenang dan memunyai kekuatan mengikat. Misalnya
undang-undang, Peraturan Presiden, dan lain-lain. Sedangkan peraturan adalah
petunjuk tentang tingkah laku yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan.
Misalnya tata tertib sekolah, peraturan peminjaman buku di perpustakaan, dan
sebagainya.
Peraturan
perundang-undangan dan peraturan memiliki kekuatan mengikat. Artinya,
undang-undang dan peraturan harus dilaksanakan. Seseorang yang melanggar
peraturan dan undang-undang, akan dikenai sanksi atau hukuman. Misalnya,
peraturan lalu lintas. Jika kita melanggar peraturan lalu lintas, kita akan
mendapatkan hukuman. Hukuman dapat berupa denda atau kurungan penjara.
Macam-macam
Peraturan Perundang-undangan
Dilihat dari
wilayah pemberlakuannya, peraturan perundang-undangan dibagi menjadi dua jenis.Pertama,
peraturan perundang-undangan tingkat pusat. Kedua, peraturan
perundang-undangan tingkat daerah.
1. Peraturan
Perundang-undangan Tingkat Pusat
Peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dibuat oleh pemerintah tingkat pusat.
Peraturan ini bis dibuat oleh presiden, wakil presiden, DPR, menteri, dan
pejabat setingkat menteri. Peraturan perundang-undangan tingkat pusat
diberlakukan bagi seluruh rakyat Indonesia. Peraturan perundang-undangan
tingkat pusat banyak sekali bentuknya. Sesuai dengan tingkat dan kedudukannya,
peraturan perundang-undangan tingkat pusat adalah sebagai berikut.
1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 (UUD 1945). (tertinggi.UUD 1945 disyahkan oleh PPKI (Panitia Persiapan
Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 18 Agustus 1945.
2. Undang-Undang
(UU)/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu).
3. Peraturan
Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres).
4. Peraturan
Menteri dan pejabat setingkat menteri.
2. peraturan
perundang-undangan tingkat daerah
Peraturan ini bisa
dibuat oleh gubernur. DPRD, walikota, camat, dan kepala suku atau masyarakat di
daerah tertentu. Peraturan perundang-undangan di tingkat daerah hanya
diberlakukan di daerah yang bersangkutan. Kedudukan peraturan daerah lebih
rendah daripada peraturan pusat. Peraturan daerah (Perda) dikeluarkan di
tingkat:
1. Provinsi atau gubernur. Peraturan ini dibuat
oleh gubernur dan DPRD provinsi.
2. Kabupaten. Peraturan ini dibuat oleh bupati.
3. Kota. Peraturan ini dibuat oleh walikota.
3. Peraturan desa atau setingkat desa
1. Contoh peraturan
perundang-undangan tingkat pusat
a) Undang-undang
tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
Undang-undang ini
juga mengatur sanksi atau hukuman bagi pelaku korupsi. Hukumannya meliputi
hukuman mati, hukuman penjara, dan denda uang.
b) Undang-undang
tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
Seperti namanya,
undang-undang ini mengatur perpajakan di Indonesia. Di antaranya adalah
pengertian tentang pajak, tata cara pembayaran pajak, dan sanksi atau hukuman
bagi pelanggar pajak.
c) Undang-undang
Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Pemerintah juga
mengatur lalu lintas di jalan raya. Isi undang-undang ini adalah tentang lalu
lintas dan angkutan jalan. Undang-undang ini mengatur jalan, tata cara berlalu
lintas, kendaraan, dan pengguna jalan. Jalan raya harus dilengkapi dengan
rambu- rambu.
2. Contoh peraturan
perundang-undangan di daerah
Perlu kalian
ketahui, setiap daerah memunyai peraturan sendiri. Peraturan di daerah satu
berbeda dengan peraturan di daerah lain.
a. Peraturan daerah
tentang larangan merokok di Provinsi DKI Jakarta
Perokok dilarang merokok di tempat umum seperti rumah sakit, mall,
kantor-kantor pemerintah. Warga yang melanggar peraturan ini mendapatkan
hukuman. Hukuman berupa pidana penjara hingga enam bulan atau denda uang 50
juta. Tujuan Perda ini adalah untuk mengurangi polusi udara.
b) Pelaksanaan
Syariat Islam di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam(NAD)
Contoh peraturan
daerah Provinsi NAD adalah kewajiban berjilbab bagi pe rempuan yang ber agama
Islam (muslimah). Misalnya, barang siapa yang tertangkap berjudi, akan dihukum
cambuk.
Peran serta dalam
menegakkan peraturan perundang-undangan
Lalu, bagaimanakah
cara kita turut berperan serta menegakkan peraturan perundang-undangan?
1. Mengenali dan mengetahui peraturan
perundang-undangan yang berlaku
2. Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku
3. Mengajak orang lain untuk menaati peraturan
Pertanyaan
1. Mengapa kita membutuhkan peraturan dan peraturan
perundangundangan? Jelaskan.
______________________________________________________________________________________________________________________________
2. Apa perbedaan peraturan perundang-undangan dan
peraturan?
Peraturan perundang-undangan
|
peraturan
|
3. Mengapa peraturan perundang-undangan memiliki
kekuatan mengikat?
______________________________________________________________________________________________________________________________
4. Peraturan perundang-undangan di Indonesia dibagi
menjadi dua berdasarkan wilayah pemberlakuannya, peraturan perundang-undangan
di tingkat apa saja itu?
a. _____________________________________________________________
b. _____________________________________________________________
5. Apa perbedaan peraturan perundang-undangan di
tingkat pusat dan daerah (dua)? Tuliskan contoh perundang-undangan tersebut!
Perbedaan
|
|
Peraturan di tingkat pusat
|
Peraturan di tingkat daerah
|
6. Bagaimana urutan peraturan perundang-undangan di
tingkat pusat? Sebutkan secara urut!
a. __________________________________________________________
b. __________________________________________________________
c. __________________________________________________________
d. __________________________________________________________
7. Apa saja yang harus kalian lakukan untuk turut
serta menegakkan peraturan perundang-undangan? Sebutkan. (dua hal)
a. __________________________________________________________
b. ___________________________________________________________
8. Apa yang kalian ketahui tentang korupsi dan mengapa
korupsi merugikan bangsa Indonesia?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
9. Suatu ketika saudaramu korupsi dan kaya raya. Ia
memberimu mobil bagus. Apa perasaanmu dan apa yang sebaiknya dilakukan?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Latihan PPKn
PPKN : Peraturan
dan Undang-Undang
Cobalah menjawab pertanyaan ini:
1. Apa yang membedakan peraturan di tingkat daerah dan
peraturan di tingkat pusat? (tiga perbedaan)
2. Siapa yamg membuat peraturan di tingkat pusat?
3. Siapa yang membuat peraturan di tingkat daerah?
4. Sebutkan urutan
perundang-undangan di Indonesia mulai dari yang tertinggi!
5. Mengapa sebuah
peraturan penting untuk sebuah kota? Jelaskan dengan sebuah contoh!
6. Sebutkan beberapa
contoh peraturan di tingkat pusat?
7. Sebutkan beberapa
contoh peraturan di tingkat daerah?
8. Jika Gubernur DKI
Jakarta membuat peraturan yang secara tidak sengaja bertentangan dengan
peraturan yang dibuat oleh menteri, mana peraturan yang lebih kuat?
9. Di DKI Jakarta
terdapat peraturan untuk tidak membuang sampah ke sungai tetapi pada
kenyataannya masih banyak sampah yang di sungai. Menurutmu mengapa peraturan
ini tidak terlaksana dengan baik?
10. Mengapa peraturan
tentang transportasi dibuat oleh pemerintah pusat dan berlaku untuk seluruh
Indonesia?
11. Jumlah penduduk
Jakarta terus bertambah sedangkan jumlah ruang atau luas tanah tidak bertambah.
Baru-baru ini pemerintah berupaya membuat pulau-pulau baru di pantai utara
Jakarta. Apakah manfaat dan kerugian membangun pulau-pulau baru ini?
12. Jika kamu menjadi
wakil rakyat Jakarta yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dari
Jakarta atau menjadi gubernur di Jakarta.
a. Peraturan apa yang
ingin kamu buat untuk memperbaiki keadaan di Jakarta?
b. Apa alasanmu
membuat peraturan tersebut?
c. Apa tujuan
peraturan tersebut?
d. Apa hukuman yang
sesuai jika ada masyarakat yang melanggar?
No comments:
Post a Comment