Ringkasan
dan latihan: bahasa Indonesia dan IPS
Kelas 5, Term
1, 2016
1. Unsur intrinsik pada sebuah
cerita pendek biasanya terdiri dari tema, latar, penokohan, dan nilai (amanat).
Untuk materi ini, lihat lagi latihan yang berjudul:
-
Veteran Tua oleh Algo
Wijaya
-
Cerita ini berasal dari Dompu, salah satu
kabupaten di Nusa Tenggara Barat
Contoh:
Latar
waktu: zaman dahulu, zaman sekarang, siang, malam, tahun 2016, dll.
Latar
tempat: di desa, di kota, di Jakarta, dll.
Latar suasana
cerita: menyedihkan, menyenangkan, menegangkan, lucu, dll.
Sifat/watak:
rajin, malas, tekun, jujur, jahat, baik, dll.
Amanat:
(Pesan moral)
2. Gagasan pokok/ide pokok/gagasan
utama dan gagasan penjelas
Ide pokok
Ide pokok atau gagasan utama
bacaan adalah hal pokok yang
diungkapkan dalam suatu paragraf. Ide pokok merupakan pernyataan yang
menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Gagasan utama biasanya (tidak selalu) terkandung dalam kalimat utama yang biasanya terletak di awal, di tengah, atau di
akhir dalam sebuah paragraf.
Kalimat utama memiliki makna yang paling umum
di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragaraf tersebut.
Kalimat penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi
menjelaskan kalimat utama.
3. Kata hubung:
-
Menyatakan waktu: setelah, ketika, saat, lalu,
sebelum, sesudah, kemudian, sementara
-
Menyatakan
syarat: jika, kalau
-
Menyatakan
alasan: karena, sebab
-
Menyatakan
perlawanan: meskipun, walaupun, tetapi, namun
-
Menyatakan
pilihan: atau
-
Menyatakan
akibat: sehingga
4. Kosa kata:
Tahukah kamu pengunaan kata-kata ini?
Mati,
meninggal, wafat, gugur
|
Menawan,
tawanan
|
Memendam,
mengubur, mengebumikan, memakamkan
|
Berunding,
perundingan
|
Bangkai,
mayat, jenasah
|
Mengadu
domba
|
Diasingkan,
dibuang
|
Bekerja
paksa
|
Menduduki,
menguasai
|
Perang
gerilya
|
Pasukan,
tentara
|
Siasat,
taktik
|
Muak
|
Memonopoli,
menguasai
|
Gigih,
berusaha sekuat tenaga
|
Bertekat
baja
|
5. Kata kerja
Tahukah kamu
pemakaian kata-kata ini dalam kalimat?
naik, menaikkan, menaiki
mendapat, mendapati
mendengar, mendengarkan
keluar, mengeluarkan
bekerja, mengerjakan, mengerjai
datang, mendatangkan
membawa, membawakan
menuruni, menurunkan
menyeberang, menyeberangkan,
menyeberangi
tidur, menidurkan
Catatan:
Huruf p, t, k, s pada kata dasar yang
mendapat imbuhan me- akan berubah/luluh.
Contoh:
seberang -> menyeberang (menseberang) turun
à menurunkan, menuruni
keluar à
mengeluarkan (mengkeluarkan) pijat
à memijat (mempijat)
Latihan
bahasa Indonesia
A.
Pilihlah salah satu jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a,
b, c, atau d!
Bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-4
Pemerintah mencanangkan program pengalihan pemakaian bahan bakar dari minyak
tanah ke gas. Program ini bertujuan menghemat subsidi minyak tanah yang semakin
memberatkan anggaran pengeluaran pemerintah. Apalagi cadangan gas negara kita
lebih banyak daripada cadangan minyak bumi kita. Karena itu, program pengalihan
pemakaian bahan bakar dari minyak tanah ke gas adalah sebuah solusi.
Setelah beberapa tahun program pengalihan pemakaian bahan bakar
dari minyak tanah ke gas berjalan, ternyata banyak kekurangan dan kerugian yang
terjadi. Pemerintah kurang mempersiapkan stok gas elpiji sehingga sempat
menimbulkan kelangkaan di pasaran. Apalagi ternyata kualitas tabung gas dan
selang gas sangat rendah sehingga menimbulkan kebocoran. Akibatnya, banyak terjadi
kebakaran yang disebabkan meledaknya tabung gas yang bocor.
1. Gagasan
utama pada paragraf satu adalah...
a. Penghematan minyak tanah c. Cadangan gas
b. Program pengalihan pemakaian bahan bakar d. Program pengalihan pemakaian gas
a. Penghematan minyak tanah c. Cadangan gas
b. Program pengalihan pemakaian bahan bakar d. Program pengalihan pemakaian gas
2. Gagasan
pokok paragraf kedua adalah …
a. Ketidaksiapan
pemerintah c. Pemerintah
rugi
b. Persediaan
gas elpiji langka d. Tabung
gas meledak
3. Mengapa
program pengalihan bahan bakar gagal?
a. Karena minyak tanah masih banyak
b. Karena pemerintah rugi
c. Karena pemerintah kurang siap dalam menyediakan gas
d. Karena semua gas dan selang bocor
a. Karena minyak tanah masih banyak
b. Karena pemerintah rugi
c. Karena pemerintah kurang siap dalam menyediakan gas
d. Karena semua gas dan selang bocor
4. Akibat
kualitas tabung dan gas yang rendah adalah…
a. Banyak terjadi kebakaran b. Tabung gas tidak terjual.
c. Pemerintah rugi. d. Program tidak berjalan lancar.
a. Banyak terjadi kebakaran b. Tabung gas tidak terjual.
c. Pemerintah rugi. d. Program tidak berjalan lancar.
5. Pelaku dalam sebuah cerita disebut . . .
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
6. Gagasan utama pada suatu cerita disebut juga . . .
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
7. Pak
Guru : Putri, tolong lepas dan
simpan anting-antingmu.
Putri : Mengapa, Pak? Nanti saya tidak cantik.
Dava : Iya Pak, nanti dia seperti anak laki-laki.
Pak Guru: Demi keamanan dan keselamatan kalian sendiri.
Isi dari percakapan di atas adalah....
a. Siswa lelaki tidak boleh memakai perhiasan.
b. Tidak boleh meminta perhiasan di sekolah.
c. Perhiasan tidak dilarang di sekolah.
d. Anak perempuan dilarang memakai perhiasan.
Putri : Mengapa, Pak? Nanti saya tidak cantik.
Dava : Iya Pak, nanti dia seperti anak laki-laki.
Pak Guru: Demi keamanan dan keselamatan kalian sendiri.
Isi dari percakapan di atas adalah....
a. Siswa lelaki tidak boleh memakai perhiasan.
b. Tidak boleh meminta perhiasan di sekolah.
c. Perhiasan tidak dilarang di sekolah.
d. Anak perempuan dilarang memakai perhiasan.
8. Perjuangan
para pemain bola Indonesia sangat luar biasa. Mereka berlatih dari pagi sampai
malam dan tidak berkumpul dengan orangtua. Selama tiga bulan persiapan, mereka
memiliki semangat yang tinggi dan tidak pernah mengeluh atau takut. Sungguh, mereka memiliki semangat yang ….
a. garang c. gigih
b. pemberani d. pengecut
a. garang c. gigih
b. pemberani d. pengecut
9. Munawardi : Toloong… ada yang
mau jahat kepada saya!
Orang-orang: Mana…
mana… orangnya ?
Dudi : Ayo
kita hajar biar kapok!
Kurdi : Jangan…
jangan! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti
kebijaksanaan watak Kurdi dalam kutipan drama tersebut adalah…
a. Dia mau membantu orang yang berbuat
jahat.
b. Dia memberitahu orang yang berbuat
jahat.
c. Dia mengajak orang orang untuk
menghajar perampok.
d. Dia mengingatkan orang-orang untuk
tidak main hakim sendiri.
10.
Pantai Anyer banyak dikunjungi wisatawan
pada hari Sabtu dan Minggu. Mereka datang bersama keluarga. Sebagian datang
bersama tetangga atau teman sekolah. Banyaknya pengunjung membuat Pantai Anyer
sesak dengan para penungunjung, apalagi ditambah dengan banyaknya para pedagang
yang menjual makanan dan minuman.
Suasana Pantai Anyer pada akhir
pekan adalah …
a. kosong c. lengang
b. ramai d. sepi
a. kosong c. lengang
b. ramai d. sepi
11.
Berikut ini pemakaian kata kerja yang salah adalah ….
a. Mereka memanjat pohon mangga. c. Atik mencoba membuat kue.
b. Ia mengkalungkan bunga pada tamu kehormatan. d.
Marjono menyapu lantai hari ini.
12.
Tengkulak senang (turun) harga gabah. Penulisan kata
di dalam kurung seharusnya…
a.
menuruni c. menurunkan
b.
diturunkan d. turun
13.
Pemakaian kata kerja pada kalimat
berikut benar kecuali …
a. Mereka mendatangkan seorang artis yang terkenal.
b.
Amir mendapat sebuah tas dari ayahnya.
c.
Aku mengerjai tugas dari sekolah malam ini.
d.
Ayah mendatangi penjual bakso di depan rumah.
14.
Tidak seperti biasanya, wajah Susi sangat
murung. Ia hanya diam saja. Senyum di wajahnya seperti hilang ditelan bumi.
Suasana
dalam penggalan cerita itu adalah …
a. Memalukan c. Menyenangkan
b.
Menyedihkan d.
Mengharukan
15.
(1) Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. (2) Buah ini memiliki lima
unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh darah
manusia. (3) Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat pektin,
kalium, asam D’glukarik, dan fitokimia. (4) Interaksi vitamin C dan serat
pektin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan kolesterol
dalam tubuh.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan
nomor …
a. (1) c.
(2)
b. (3) d.
(4)
16.
(1)
Banyak pengunjung pameran karya siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun
tak tersisa. (3) Bahkan, pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya
harus bersabar menunggu karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam
rangka ulang tahun sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan dengan
nomor ………..
a. (1) c.
(2)
b. (3) d.
(4)
17.
Pak Anton tidak masuk kerja hari ini sehingga ia tidak tahu
pengumuman ini.
Kata hubung sehingga menunjukkan
…
a. Waktu c. alasan
b. Pilihan d.
akibat
18.
Pemakaian kata hubung pada kalimat berikut ini benar kecuali …
a. Uang Dodi sedikit. Ia hanya
bisa membeli rumah atau mobil.
b. Saya terlambat masuk sekolah
karena terjadi kemacetan yang parah.
c. Meskipun kamu sakit, jangan
masuk sekolah.
d. Setelah mandi, Tini memakai
baju seragamnya.
19. Bacalah paragraf berikut!
Urutan penggunaan lampu senter secara tepat
adalah buka tutup bagian belakang senter. Masukan baterai dalam senter dengan
kepala ke arah depan semuanya. Setelah itu, tutup kembali bagian senter yang
sudah dibuka, terakhir tekan tombol senter dengan baik.
Pernyataan yang tepat sesuai paragraf
tersebut adalah ...
a. Urutan penggunaan lampu senter tersebut
sudah benar.
b. Penggunaan lampu senter seharusnya dengan
cukup satu baterai.
c. Lamu senter akan menyala jika baterainya
lebih dari satu.
d. Meskipun senter tidak harus ditutup, pasti
senter menyala.
20. Perhatikan teks percakapan berikut!
Danar : Kenapa kamu bersedih, To?
Darto : Nilai ulanganku jelek sekali, Dar. Aku
memang banyak bermain akhir-akhir ini.
Danar : Sudahlah, jangan bersedih To. Jadikan ini
sebuah pelajaran agar kamu lebih rajin belajar.
Darto : Aku takut dimarahi ayahku.
Danar : Mintalah maaf pada ayahmu, dan berjanji
tidak mengulangi lagi.
Topik percakapan tersebut adalah...
A. Akibat bolos sekolah.
B. Dampak rajin belajar.
C. Akibat sering bermain.
D. Lalai meminta maaf
B.
Gunakan kata yang sesuai dari dalam kurung!
1.
Kami menemukan (mayat, bangkai,
jenasah) ____________ anjing di pinggir jalan.
2.
Sebuah mobil (mayat, jenasah) ___________ bergerak dengan cepat di depan
kami.
3.
Kami (memakamkan/memendam)
_______________ kakek yang (meninggal/mati) _______________ kemarin pagi.
4.
Pasukan Belanda (menawan / tawanan )
________________ Pangeran Diponegoro dan (mengasingkan/ membawa) _________________
beliau ke Sulawesi.
5.
Ir. Soekarno dan teman-temannya (berunding/perundingan)
_________________ untuk merumuskan Pancasila hari proklamasi kemerdekaan.
C. Tulislah kata dasar di dalam kurung dengan kata kerja yang sesuai!
Jauh sebelum kedatangan orang-orang
Eropa di perairan Nusantara pada paruh pertama abad XVI, pelaut-pelaut negeri
ini telah (kuasa)#1_______________ laut dan tampil sebagai penjelajah
samudra.
Serangkaian penelitian yang
dilakukan Robert Dick-Read (Penjelajah Bahari: Pengaruh Peradaban Nusantara di
Afrika, 2008) bahkan (tunjuk)#2. ___________ pelaut-pelaut nomaden dari wilayah
berbahasa Austronesia yang kini bernama Indonesia (tinggal) #3.
__________________ jejak kebudayaan di sejumlah tempat di Afrika.
Penelitian Dick-Read (buka) #4
_______________ pengetahuan baru bahwa sejak lebih dari 1.500 tahun lampau,
nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut sejati.
Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus
membuat sejarah pelayaran mereka yang fenomenal, para penjelajah laut Nusantara
sudah bisa (buat) #5 _____________ pelayaran yang luar biasa.
Latihan
IPS/PPKn
Setelah kamu belajar IPS dari ringkasan dan lembar kerjamu,
cobalah menjawab pertanyaan ini:
1. Mulai tahun 1500-an, beberapa
bangsa tiba di nusantara (Indonesia). Bangsa mana saja yang sampai ke nusantara
pada waktu itu?
2. Mengapa mereka menjelajah dunia
sampai tiba di nusantara?
3. Apa yang mereka lakukan di
nusantara?
4. Menurutmu, apa yang membuat
perubahan keinginan bangsa Eropa yang pertama kali hanya ingin berdagang lalu
berubah ingin menguasai perdagangan, menguasai tanah, perkebunan, hasil
tambang, atau memaksa rakyat untuk bekerja?
5. Pada masa perjuangan yang dipimpin oleh para
pemimpin daerah, seperti Teuku Umar (Aceh), Imam Bonjol (Padang), Pangeran
Hasanudin (Sulawesi), dll. perjuangan mereka sering gagal. Apa yang membuat
perjuangan mereka gagal?
6. Mulai tahun 1900-an muncul istilah
‘kebangkitan nasional’ yang ditandai dengan lahirnya Boedi Oetomo, Sumpah
Pemuda. Apa yang membuat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan mulai tahun
1900-an lebih berhasil daripada perjuangan pada tahun-tahun sebelumnya?
7. Siapa tokoh perjuangan pada tahun
1900-an?
8. Menurutmu, mengapa pendidikan
(salah satu dari politik balas budi) membuat perjuangan lebih berhasil?
9. Di mana dan tahun berapa Jepang tiba di
Indonesia?
10. Apa latar belakang kedatangan
Jepang ke Indonesia?
11. Bagaimana cara Jepang menarik hati orang
Indonesia saat pertama mereka tiba?
12. Siapa yang mengumumkan kemerdekaan Indonesia?
13. Tanggal berapa dan di kota mana naskah
proklamasi dibacakan?
14. Apa dasar negara Indonesia?
15. Mengapa negara Indonesia membutuhkan dasar
negara?
16. Apakah kamu setuju dengan pendapat bahwa
kemerdekaan adalah hasil pemberian negara lain? Mengapa?
17. Apa cita-cita atau tujuan
berdirinya negara Indonesia?
18. Menurutmu, apakah Indonesia sudah berhasil menikmati
cita-cita kemerdekaan tersebut? Buktikan dengan cara menunjukkan satu peristiwa
yang terjadi di Indonesia pada zaman sekarang. (Apa yang terjadi, di mana,
kapan, mengapa terjadi, siapa yang terlibat? Bagaimana hal itu bisa terjadi?
19. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika
Indonesia gagal dalam mencapai cita-citanya?
20.Apakah menurutmu Indonesia adalah
negara yang terbentuk karena adanya cita-cita berbagai masyarakat yang berbeda
atau Indonesia adalah negara yang terbentuk karena adanya perjuangan suku atau
kelompok tertentu saja? Jelasakan alasanmu!
No comments:
Post a Comment