Pengertian, Ciri- Ciri, Syarat-Syarat dan Jenis-Jenis
Iklan
Iklan adalah pemberitahuan mengenai barang dan jasa dengan
tujuan untuk membujuk khayalak agar tertarik pada barang atau jasa yang
ditawarkan.
Ciri- ciri iklan:
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti atau bersifat persuasi bagi pemirsa.
Syarat-syarat iklan
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti atau bersifat persuasi bagi pemirsa.
Syarat-syarat iklan
1. Objektif dan jujur , 2. Jelas dan mudah dipahami, 3.
Tidak menyinggung pihak lain, 4. Menarik perhatian orang banyak
Jenis- Jenis Iklan
A. Jenis iklan berdasarkan media yang digunakan:
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan lain- lain.
2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3. Iklan display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4. Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik.
Jenis- Jenis Iklan
A. Jenis iklan berdasarkan media yang digunakan:
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan lain- lain.
2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3. Iklan display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4. Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik.
a. Iklan Radio
Iklan radio adalah iklan yang dipublikasikan melalui radio.
b. Iklan televisi
Iklan televisi adalah iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak.
c. Iklan internet
Iklan radio adalah iklan yang dipublikasikan melalui radio.
b. Iklan televisi
Iklan televisi adalah iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak.
c. Iklan internet
B. Berdasarkan tujuan:
1. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.
2. Iklan perusahaan
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.
2. Iklan perusahaan
Iklan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjual jasa
atau barang hasil produksinya.
Kriteria Penilaian
Iklan
1. Isi:
- Sesuai dengan tema
- Kata yang dipakai ringkas, padat dan jelas
- Pesan yang disampaikan mudah ditangkap
2. Desain
- Rapi
- Indah
- Proporsional
3. Kerjasama
kelompok dan usaha
- Antusias
- Tetap fokus
- Mengatur waktu dengan baik
Kriteria:
3. Semua kriteria terpenuhi
2. Dua kriteria terpenuhi
1. Satu kriteria terpenuhi
0. Tidak satu pun kriteria terpenuhi
*Batas waktu
: Rabu, 8 November 2017
*Tugas ini
adalah pengganti ujian IPS dan PPKn
Kriteria Keterangan
Iklan
1. Isi: 30%
-
Isi sesuai
dengan topik
-
Tujuan
dan kata kunci yang dipakai tepat
-
Secara
umum ide dapat dijabarkan dan diterangkan dengan jelas
2. Organisasi ide:
30%
-
Ide
tertuang dalam paragraf dengan runtut (4-6 paragraf)
-
Paragraf
menjelaskan tujuan iklan, keterkaitan dengan interaksi sosial atau interaksi
dengan alam (masalah, fakta, solusi pada masalah tersebut, manfaat pelaksanaan
pesan dari iklan itu, pemilihan media dan pemirsa)
3. Tata bahasa dan
kosa kata: 20%
-
Pola
kalimat benar
-
Kalimat
bisa dipahami
-
Pemakaian
kosa kata tepat
4. Mekanik : 20%
-
Ejaan
-
Tanda
baca
-
Huruf capital
-
Rapi
pak besok exam IPS jam berapa
ReplyDelete