Latihan
bahasa Indonesia
A.
Pilihlah salah satu jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a,
b, c, atau d!
Bacaan berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-4
Pemerintah
mencanangkan program pengalihan pemakaian bahan bakar dari minyak tanah ke gas.
Program ini bertujuan menghemat subsidi minyak tanah yang semakin memberatkan
anggaran pengeluaran pemerintah. Apalagi cadangan gas negara kita lebih banyak
daripada cadangan minyak bumi kita. Karena itu, program pengalihan pemakaian
bahan bakar dari minyak tanah ke gas adalah sebuah solusi.
Setelah beberapa
tahun program pengalihan pemakaian bahan
bakar dari minyak tanah ke gas berjalan, ternyata banyak kekurangan dan
kerugian yang terjadi. Pemerintah kurang mempersiapkan stok gas elpiji sehingga
sempat menimbulkan kelangkaan di pasaran. Apalagi ternyata kualitas tabung gas
dan selang gas sangat rendah sehingga menimbulkan kebocoran. Akibatnya, banyak
terjadi kebakaran yang disebabkan meledaknya tabung gas yang bocor.
1. Gagasan utama pada
paragraf satu adalah...
a. Penghematan minyak tanah c. Cadangan gas
b. Program pengalihan pemakaian bahan bakar d. Program pengalihan pemakaian gas
a. Penghematan minyak tanah c. Cadangan gas
b. Program pengalihan pemakaian bahan bakar d. Program pengalihan pemakaian gas
2. Gagasan pokok paragraf
kedua adalah …
a.
Ketidaksiapan pemerintah
c. Pemerintah rugi
b.
Persediaan gas elpiji
langka
d. Tabung gas meledak
3. Mengapa program pengalihan bahan bakar
gagal?
a. Karena minyak tanah masih banyak
b. Karena pemerintah rugi
c. Karena pemerintah kurang siap dalam menyediakan gas
d. Karena semua gas dan selang bocor
a. Karena minyak tanah masih banyak
b. Karena pemerintah rugi
c. Karena pemerintah kurang siap dalam menyediakan gas
d. Karena semua gas dan selang bocor
4. Akibat kualitas tabung dan gas yang
rendah adalah…
a. Banyak terjadi kebakaran b. Tabung gas tidak terjual.
c. Pemerintah rugi. d. Program tidak berjalan lancar.
a. Banyak terjadi kebakaran b. Tabung gas tidak terjual.
c. Pemerintah rugi. d. Program tidak berjalan lancar.
5. Pelaku dalam sebuah
cerita disebut . . .
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
6. Gagasan utama pada suatu
cerita disebut juga . . .
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
a. Gagasan penjelas c. Ide
b. Latar cerita d. Gagasan pokok
7. Pak Guru : Putri, tolong
lepas dan simpan anting-antingmu.
Putri : Mengapa, Pak? Nanti saya tidak cantik.
Dava : Iya Pak, nanti dia seperti anak laki-laki.
Pak Guru: Demi keamanan dan keselamatan kalian sendiri.
Isi dari percakapan di atas adalah....
a. Siswa lelaki tidak boleh memakai perhiasan.
b. Tidak boleh meminta perhiasan di sekolah.
c. Perhiasan tidak dilarang di sekolah.
d. Anak perempuan dilarang memakai perhiasan.
Putri : Mengapa, Pak? Nanti saya tidak cantik.
Dava : Iya Pak, nanti dia seperti anak laki-laki.
Pak Guru: Demi keamanan dan keselamatan kalian sendiri.
Isi dari percakapan di atas adalah....
a. Siswa lelaki tidak boleh memakai perhiasan.
b. Tidak boleh meminta perhiasan di sekolah.
c. Perhiasan tidak dilarang di sekolah.
d. Anak perempuan dilarang memakai perhiasan.
8. Perjuangan para pemain bola Indonesia
sangat luar biasa. Mereka berlatih dari pagi sampai malam dan tidak berkumpul
dengan orangtua. Selama tiga bulan persiapan, mereka memiliki semangat yang
tinggi dan tidak pernah mengeluh atau takut. Sungguh, mereka memiliki
semangat yang ….
a. garang c. gigih
b. pemberani d. pengecut
a. garang c. gigih
b. pemberani d. pengecut
9.
Munawardi : Toloong… ada yang mau jahat kepada saya!
Orang-orang: Mana… mana… orangnya ?
Dudi : Ayo
kita hajar biar kapok!
Kurdi : Jangan…
jangan! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti kebijaksanaan watak Kurdi dalam
kutipan drama tersebut adalah…
a. Dia mau membantu orang yang
berbuat jahat.
b. Dia memberitahu orang yang
berbuat jahat.
c. Dia mengajak orang orang untuk
menghajar perampok.
d. Dia mengingatkan orang-orang
untuk tidak main hakim sendiri.
10. Pantai Anyer banyak dikunjungi wisatawan pada
hari Sabtu dan Minggu. Mereka datang bersama keluarga. Sebagian datang bersama
tetangga atau teman sekolah. Banyaknya pengunjung membuat Pantai Anyer sesak
dengan para penungunjung, apalagi ditambah dengan banyaknya para pedagang yang
menjual makanan dan minuman.
Suasana Pantai
Anyer pada akhir pekan adalah …
a. kosong c. lengang
b. ramai d. sepi
a. kosong c. lengang
b. ramai d. sepi
11. Berikut ini
pemakaian kata kerja yang salah adalah ….
a. Mereka memanjat pohon mangga.
c. Atik mencoba membuat kue.
b. Ia mengkalungkan bunga pada tamu
kehormatan. d. Marjono menyapu lantai hari ini.
12. Tengkulak senang (turun) harga
gabah. Penulisan kata di dalam kurung seharusnya…
a.
menuruni
c. menurunkan
b.
diturunkan
d. turun
13. Pemakaian kata kerja pada kalimat
berikut benar kecuali …
a. Mereka mendatangkan seorang artis yang
terkenal.
b. Amir mendapat sebuah tas dari ayahnya.
c. Aku mengerjai tugas dari sekolah malam
ini.
d. Ayah mendatangi penjual bakso di depan
rumah.
14. Tidak seperti biasanya, wajah
Susi sangat murung. Ia hanya diam saja. Senyum di wajahnya seperti hilang
ditelan bumi.
Suasana dalam penggalan cerita itu
adalah …
a.
Memalukan
c. Menyenangkan
b.
Menyedihkan
d. Mengharukan
15.
(1) Buah apel efektif mengatasi kolesterol tubuh. (2) Buah ini memiliki
lima unsur utama yang sangat efektif mengatasi penyebab penyempitan pembuluh
darah manusia. (3) Kelima unsur tersebut yaitu vitamin C, serat
pektin, kalium, asam D’glukarik, dan fitokimia. (4) Interaksi vitamin C dan
serat pektin dikenal sebagai perpaduan efektif untuk menurunkan kandungan
kolesterol dalam tubuh.
Kalimat utama paragraf tersebut
ditunjukkan dengan nomor …
a.
(1)
c. (2)
b.
(3)
d. (4)
16. (1) Banyak pengunjung pameran karya
siswa merasa puas. (2) Karya yang dijual pun tak tersisa. (3) Bahkan,
pengunjung yang tak sempat membeli langsung akhirnya harus bersabar menunggu
karyanya selesai dipesan. (4) Pameran karya seni dalam rangka ulang tahun
sekolahku sangat sukses.
Kalimat utama paragraf tersebut
ditunjukkan dengan nomor ………..
a.
(1)
c. (2)
b.
(3)
d. (4)
17. Pak Anton tidak masuk kerja hari ini
sehingga ia tidak tahu pengumuman ini.
Kata hubung sehingga menunjukkan …
a. Waktu
c. alasan
b. Pilihan
d. akibat
18. Pemakaian kata kerja pada kalimat
berikut ini benar kecuali …
a. Uang Dodi sedikit.
Ia hanya bisa membeli rumah atau mobil.
b. Saya terlambat masuk
sekolah karena terjadi kemacetan yang parah.
c. Kalau kamu sakit,
jangan masuk sekolah.
d. Setelah mandi, Tini mempakai
baju seragamnya.
19. Bacalah paragraf berikut!
Urutan penggunaan lampu senter secara tepat
adalah buka tutup bagian belakang senter. Masukan baterai dalam senter dengan
kepala ke arah depan semuanya. Setelah itu, tutup kembali bagian senter yang
sudah dibuka, terakhir tekan tombol senter dengan baik.
Pernyataan yang tepat sesuai paragraf tersebut
adalah ...
a.
Urutan penggunaan lampu senter tersebut sudah benar.
b.
Penggunaan lampu senter seharusnya dengan cukup satu baterai.
c.
Lamu senter akan menyala jika baterainya lebih dari satu.
d.
Meskipun senter tidak harus ditutup, pasti senter menyala.
20. Perhatikan teks percakapan berikut!
Danar
: Kenapa kamu bersedih, To?
Darto
: Nilai ulanganku jelek sekali, Dar. Aku memang banyak bermain akhir-akhir ini.
Danar
: Sudahlah, jangan bersedih To. Jadikan ini sebuah pelajaran agar kamu lebih
rajin belajar.
Darto
: Aku takut dimarahi ayahku.
Danar
: Mintalah maaf pada ayahmu, dan berjanji tidak mengulangi lagi.
Topik percakapan tersebut adalah...
A.
Akibat bolos sekolah.
B.
Dampak rajin belajar.
C.
Akibat sering bermain.
D.
Lalai meminta maaf
B. Tulislah kata dasar di dalam kurung
dengan kata kerja yang sesuai!
Jauh sebelum kedatangan orang-orang Eropa di
perairan Nusantara pada paruh pertama abad XVI, pelaut-pelaut negeri ini telah
(kuasa)#1_______________ laut dan tampil sebagai penjelajah samudra.
Serangkaian penelitian yang dilakukan Robert
Dick-Read (Penjelajah Bahari: Pengaruh Peradaban Nusantara di Afrika, 2008)
bahkan (tunjuk)#2. ___________ pelaut-pelaut nomaden dari wilayah berbahasa
Austronesia yang kini bernama Indonesia (tinggal) #3. __________________ jejak
kebudayaan di sejumlah tempat di Afrika.
Penelitian Dick-Read (buka) #4 _______________
pengetahuan baru bahwa sejak lebih dari 1.500 tahun lampau, nenek moyang bangsa
Indonesia adalah pelaut sejati.
Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus membuat
sejarah pelayaran mereka yang fenomenal, para penjelajah laut Nusantara sudah
bisa (buat) #5 _____________ pelayaran yang luar biasa.
Latihan
IPS/PPKn
Setelah
kamu belajar IPS dari ringkasan dan lembar kerjamu, cobalah menjawab pertanyaan
ini:
1. Mulai tahun 1500-an,
beberapa bangsa tiba di nusantara (Indonesia). Bangsa mana saja yang sampai ke
nusantara pada waktu itu?
2. Mengapa mereka
menjelajah dunia sampai tiba di nusantara?
3. Apa yang mereka
lakukan di nusantara?
4. Apa akibat positif dan negatif penjelajahan bangsa Eropa bagi Indonesia?
5.
Menurutmu, apa yang membuat perubahan
keinginan bangsa Eropa yang pertama kali hanya ingin berdagang lalu berubah
ingin menguasai perdagangan, menguasai tanah, perkebunan, hasil tambang, atau
memaksa rakyat untuk bekerja?
6. Pada masa
perjuangan yang dipimpin oleh para pemimpin daerah, seperti Teuku Umar (Aceh),
Imam Bonjol (Padang), Pangeran Hasanudin (Sulawesi), dll. perjuangan mereka
sering gagal. Apa yang membuat perjuangan mereka gagal?
7. Bagaimana kita bisa membuktikan bahwa para pejuang kemerdekaan Indonesia juga menunjukkan nilai-nilai Pancasila? Jelaskan dengan bukti dan alasan!
No comments:
Post a Comment