Wednesday, October 24, 2018

Kata hubung - 24 Oktober 2018


Nama:     ______________                                                                                                Kelas: ____
Tanggal: ______________
                                                       Kata Hubung

Selain kata hubung dan, atau, tetapi, ada kata hubung lain. Kata hubung adalah kata yang berfungsi menyambung induk kalimat dengan anak kalimat pada kalimat majemuk. Kata hubung dapat digolongkan berdasarkan fungsinya, yaitu untuk:

a.       Menyatakan waktu:  setelah, ketika, saat, lalu, sebelum; pada, antara, menjelang, hingga, sampai
Contoh:
Ia datang setelah aku pulang
Daffa sedang tidur ketika ibunya datang.
Sakti pulang sebelum aku datang.
Pada jam sebelas malam, mereka sudah berdiri di pos ronda.
Ia berlibur di Makassar sampai bulan Januari.

b.      Menyatakan syarat:  jikakalau
Contoh:
Jika aku naik kelas, ibu akan membelikanku sepeda baru.
Dayang Sumbi mau menjadi istri Sangkuriang kalau Sangkuriang mampu membuat sebuah telaga lengkap dengan perahunya dalam waktu satu malam.

c.       Menyatakan alasankarena, sebab
Contoh:
Reirana tidak masuk sekolah karena sakit gigi.
Raina pintar sebab ia tidak malas.

d.      Menyatakan perlawanan: meskipun, walaupun, tetapi, namun
Contoh:
Dimas tetap percaya diri meskipun teman-temannya banyak yang mengejek.
Walaupun Nancy tidak pandai, ia sangat rajin.

e. Menyatakan akibat: sehingga
Contoh:
Ia jatuh sehingga kakinya lecet.

g. Menyatakan pilihan: atau
Contoh:
Saya tidak tahu apakah saya akan membeli buku ini atau buku itu.


Nama:     ______________                                                                                                                           Kelas: ____
Tanggal: ______________

Gunakan kata hubung yang sesuai untuk melengkapi cerita ini!
1.    Abiq terus mencoret kalender. Ia seperti tak jenuh menandai tiap angka di kalender itu. Entah apa yang sedang ia hitung. Seakan baginya tiap matahari tenggelam memiliki sesuatu makna yang sangat penting.  #1. _______________kalender dicoretnya, ia biasanya memandangi lama-lama kalender itu. Paling sebentar, selama setengah jam, ia berdiri di depan kalender tiap harinya. #2.  ____________  sehari saja ia tak berdiri di depan kalender, ia akan mengganti waktu itu dengan berdiri lebih lama .

2.   Dunia tulis-menulis belum banyak ditekuni orang. Penulis Indonesia masih langka, #3._______________ ada beberapa yang hebat. Menulis bukanlah bakat, ­­­­­­­­­­­­#4._____________ ada orang yang memang berbakat di bidang ini. Menulis lebih merupakan minat dan kemauan untuk belajar #5.___________ berlatih. #6. ______________ seseorang mau, ia tentu bisa menjadi seorang penulis.

3.   Raja burung parkit menjadi risau #7. _____________  mencoba untuk mencari akal bagaimana caranya supaya tidak masuk perangkap pemburu. Raja burung parkit tidak menemukan jalan #8 _____________ banyaklah rakyat burung yang masuk perangkap sang pemburu. Ia menjadi sedih lalu timbul ide untuk mengelabui si pemburu. #9. ______________ ia memerintahkan pada rakyat burung parkit yang sudah masuk perangkap si pemburu agar berpura-pura mati. Keesokan harinya #10 ______________ pemburu datang kembali ke hutan #11.____________ bermaksud untuk mengambil burung-burung yang sudah terjebak, mereka pura-pura mati. Melihat semua burung-burung itu mati si pemburu menjadi kesal dan kemudian mengeluarkan semua burung dari perangkapnya.
4. #12. __________________ hari Senin, suasana sekolah sangat ramai. Anak-anak mulai berdatangan. Satu demi satu mereka turun dari mobil #13. __________ menyalami petugas keamanan. “Selamat pagi,” sapa anak-anak itu. #14. ____________ bel berbunyi, mereka masuk ke kelas masing-masing. #15. ________________ sore anak-anak sudah terlihat lelah. Untunglah bel berbunyi lagi sebagai tanda kalau mereka bisa pulang.
Nama:     ______________                                                                                                                           Kelas: ____
Tanggal: ______________

Tulislah makna kata hubung yang digarisbawahi!
Contoh: Afi merasa sakit, tetapi ia tetap saja berlari-lari. (tetapi: pertentangan)

1.      Jika Shah berjalan, semua anak memandangnya dengan kagum. (jika: ______________)
2.      Ia menangis karena ia mendapat nilai jelek. (karena : _________________)
3.      Setelah kami berlatih keras, kami beristirahat di bawah pohon. (Setelah: ___________)
4.      Denny meraung-raung kesakitan kalau perutnya ditekan. (kalau: __________________)
5.      Meskipun  Juminten anak desa, ia tidak takut pergi ke kota. (meskipun: ____________)
6.      Jenasah pahlawan didoakan sebelum dikebumikan. (sebelum: ___________________)
7.      Walaupun kami bodoh, kami tidak mau menyerah. (walaupun: __________________)
8.      Kami bisa bermain atau tidur selama dua jam. (atau: ___________________)
9.      Pemburu itu kesal sebab binatang buruannya lolos. (sebab: ____________________)
10.  Mereka  merangkak kemudian berdiri tegak. (kemudian: _____________________)

No comments:

Post a Comment