Thursday, February 12, 2015

PR - 03 imbuhan me-

Nama: ____________
Tanggal: ___________
Menggunakan kata berimbuhan me-, me-kan, dan me-i
A.      Gunakan imbuhan me-, me-kan, dan me-i secara tepat pada kata di dalam kurung dalam teks berikut!
Rizal suka bermain game komputer di rumahnya. Ia juga suka (baca) __________ dan (beli) _________ buku cerita. Sekarang ia (kurang) _____________ kesukaannya  itu agar dapat (hemat) _______ listrik dan uang. Ia lebih banyak (guna) _____________waktunya untuk belajar. Ia akan  (hadap) _________ ujian akhir kelas VI tahun ini. Dengan banyak belajar, ia berharap akan (peroleh) ___________nilai yang baik dan lulus.
B.      Berilah imbuhan me-, me-kan, atau me-i pada kata dalam kurung!
1.       Pesawat itu (darat) _______________ dengan mulus.
2.       Andi (kata) _______________ bahwa ia akan datang besok.
3.       Ibu (cabut) ________________ rumput di halaman.
4.       Dampak gempa (datang) _____________berkah bagi para pemulung.
5.       Ayah (bawa) _______________ bekal ke kantor.
6.       Kakak lupa (bawa) _____________bekal untuk adiknya.
7.       Ita (duduk) _______________ bonekanya sendiri tanpa sengaja.
8.       Kereta api itu (turun) _____________ penumpang di stasiun terdekat.
9.       Kami (turun) _________________ tangga dengan hati-hati.
10.   Anak itu  (derita) _________________ penyakit demam berdarah.
C.      Pilihlah kata yang tepat! Coret kata yang tidak perlu!
1.       Ihsan melarang/melarangi adiknya main di jalan.
2.       Amri senang mendegarkan/mendengari cerita di radio.
3.       Pedagang itu tidak akan menaik/menaikkan harga barangnya.
4.       Dia menyanyikan/menyanyi lagu itu dengan penuh penghayatan.
5.       Bayi itu menangisi/menagis dengan keras.
6.       Intan tidak mengerjakan/mengerjai tugasnya hari ini.
7.       Orang itu iseng mengerjakan/mengerjai adiknya.
8.       Ibu menutupkan/menutup semua pintu rumah.
9.       Ayah mendapatai/mendapat tasnya tertinggal di rumah.

10.   Adik mengeluari/mengeluarkan bukunya dari lemari. 

No comments:

Post a Comment