Friday, September 11, 2015

Ringkasan bahasa Indonesia dan latihan pertanyaan IPS


Ringkasan dan catatan: bahasa Indonesia  dan IPS
Kelas 5, mid semester 1 2015

1.    Unsur intrinsik pada sebuah cerita pendek biasanya terdiri dari tema, alur, latar, penokohan, dan nilai (amanat). Untuk materi ini, lihat lagi latihan yang berjudul:
-             Veteran Tua oleh Algo Wijaya
-             Cerita ini berasal dari Dompu, salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat
Contoh suasana cerita: menyedihkan, menyenangkan, menegangkan, lucu, dll
2.   Memberi pendapat pada peristiwa (peristiwa, saran/pendapat, alasan)
Catatan:
-          Lihat latihan yang sudah ada.
-          Berikan pendapat, saran, dan alasan dengan jelas dan logis (ada hubungannya/masuk akal). Subyek, predikatnya harus jelas. Tanda titik juga jangan dilupakan kalau pendapatmu adalah kalimat.
Contoh 1:
Peristiwa: Adik belajar naik sepeda di jalan raya.
Pendapat:Menurut saya, belajar naik sepeda di jalan raya berbahaya.
Alasan: (Karena) Di jalan raya ada banyak kendaraan yang lewat. Ia bisa tertabrak.
Saran: (Sebaiknya/seharusnya ) Ia belajar naik sepeda di halaman.
Contoh 2:
Peristiwa: Kakak belajar setiap hari sebelum ia tidur.
Pendapat: (Menurut pendapat saya) Kakak sangat rajin.
Alasan: (Ia sangat rajin karena )Ia belajar setiap hari sebelum tidur.
Saran: Kakak sebaiknya tetap harus belajar supaya nilainya tetap bagus.
Contoh yang salah:
Peristiwa: Titi belajar setiap hari sebelum ia tidur.
*Pendapat: Wow hebat sekali. ( atau ah, aku juga bisa.)
*Alasan: Dia membantuku mengerjakan pr.
*Saran:  Titi, jadi temanku dong.

3.   Kalimat langsung
·         Perhatikan tanda baca: tanda titik, tanda tanya, tanda seru atau tanda perintah, tanda koma, dan tanda petik
·         Perhatikan letak tanda baca tersebut dan huruf kapital!
            Contoh:
a.    Saya berkata, “Belajarlah dengan rajin!”
b.    “Mengapa kamu pucat?” tanya pak direktur yang gagah itu.
c.    “Saya baru sakit.” kata Pak Ruslan dengan suara lemah.

4.   Kosa kata:
Tahukah kamu pengunaan kata-kata ini?
Mati, meninggal, wafat, gugur
Menawan, tawanan
Memendam, mengubur, mengembumikan, memakamkan
Berunding, perundingan
Bangkai, mayat, jenasah
Mengadu domba
Diasingkan, dibuang
Bekerja paksa
Menduduki, menguasai
Perang gerilya
Pasukan, tentara
Siasat, taktik
Muak
Memonopoli, menguasai
Gigih, berusaha sekuat tenaga
Bertekat baja


IPS/PKN
Setelah kamu belajar IPS dari ringkasan dan lembar kerjamu, cobalah menjawab pertanyaan ini:
1.     Mulai tahun 1500-an, beberapa bangsa tiba di nusantara (Indonesia). Bangsa mana saja yang sampai ke nusantara pada waktu itu?
2.    Mengapa mereka menjelajah dunia sampai tiba di nusantara?
3.    Apa yang mereka lakukan di nusantara?
4.    Menurutmu, apa yang membuat perubahan keinginan bangsa Eropa yang pertama kali hanya ingin berdagang lalu berubah ingin menguasai perdagangan, tanah, perkebunan, hasil tambang, atau memaksa rakyat untuk bekerja?

5.    Sebutkan dua tokoh perlawanan terhadap penjajah Eropa, asal,  dan alasan mereka melawan penjajah?
6.    Mengapa Pangeran Diponegoro melawan Belanda? (Apa yang ia perjuangkan?)
7.    Bagaimana ia bisa tertangkap?
8.    Mengapa Cut Nyak Dien melawan Belanda? (Apa yang ia perjuangkan?)
9.    Untuk mengalahkan perlawanan rakyat Indonesia, Belanda sering mengasingkan para pemimpin rakyat. Misalnya Pangeran Diponegoro diasingkan ke Sulawesi, Cut Nyak Dien diasingkan ke Jawa Barat, Soekarno diasingkan ke Ende. Menurutmu mengapa Belanda memakai cara seperti itu untuk mengalahkan perlawanan rakyat?

10.  Pada masa perjuangan yang dipimpin oleh para pemimpin daerah, seperti Teuku Umar (Aceh), Imam Bonjol (Padang), Pangeran Hasanudin (Sulawesi), dll. perjuangan mereka sering gagal. Apa yang membuat perjuangan mereka gagal?

11.  Apa yang membuat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan pada tahun 1900-an lebih berhasil daripada perjuangan pada tahun-tahun sebelumnya?
12.    Siapa tokoh perjuangan pada tahun 1900-an?
13. Menurutmu, mengapa pendidikan (salah satu dari politik balas budi) membuat perjuangan lebih berhasil?


14.  Di mana dan tahun berapa Jepang tiba di Indonesia?
15. Apa latar belakang kedatangan Jepang ke Indonesia?
16.  Bagaimana cara Jepang menarik hati orang Indonesia saat pertama mereka tiba?

17.  Siapa yang mengumumkan kemerdekaan Indonesia?
18.  Tanggal berapa dan di kota mana naskah proklamasi dibacakan?
19.  Apa dasar negara Indonesia?
20. Mengapa negara Indonesia membutuhkan dasar negara?
21.  Apakah kamu setuju dengan pendapat bahwa kemerdekaan adalah hasil pemberian negara lain?

22. Apa arti kemerdekaan Indonesia bagi orang Indonesia?
23. Apa cita-cita atau tujuan bangsa Indonesia setelah mencapai kemerdekaan?
24. Menurutmu, apakah Indonesia sudah berhasil mencapai cita-cita kemerdekaan tersebut? Buktikan dengan cara menunjukkan satu peristiwa yang terjadi di Indonesia pada zaman sekarang. (Apa yang terjadi, di mana, kapan, mengapa terjadi, siapa yang terlibat? Bagaimana hal itu bisa terjadi?
25. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika Indonesia gagal dalam mencapai cita-citanya?

26.   Apa yang bisa kamu pelajari dari sejarah perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia? (4 hal)

No comments:

Post a Comment