Ringkasan dan catatan: bahasa Indonesia dan IPS
Kelas 5, mid semester 1 2015
1. Unsur intrinsik pada sebuah
cerita pendek biasanya terdiri dari tema, alur, latar, penokohan, dan nilai
(amanat). Untuk materi ini, lihat lagi latihan yang berjudul:
-
Veteran Tua oleh Algo
Wijaya
-
Cerita ini berasal dari Dompu, salah satu
kabupaten di Nusa Tenggara Barat
Contoh
suasana cerita: menyedihkan, menyenangkan, menegangkan, lucu, dll
2.
Memberi pendapat pada peristiwa (peristiwa,
saran/pendapat, alasan)
Catatan:
-
Lihat latihan yang sudah ada.
-
Berikan pendapat, saran, dan alasan dengan jelas
dan logis (ada hubungannya/masuk akal). Subyek, predikatnya harus jelas. Tanda
titik juga jangan dilupakan kalau pendapatmu adalah kalimat.
Contoh 1:
Peristiwa:
Adik belajar naik sepeda di jalan raya.
Pendapat:Menurut saya, belajar naik
sepeda di jalan raya berbahaya.
Alasan: (Karena) Di jalan raya ada banyak kendaraan yang lewat. Ia
bisa tertabrak.
Saran: (Sebaiknya/seharusnya ) Ia belajar naik sepeda di
halaman.
Contoh
2:
Peristiwa: Kakak belajar setiap hari
sebelum ia tidur.
Pendapat: (Menurut pendapat saya)
Kakak sangat rajin.
Alasan: (Ia sangat rajin karena )Ia
belajar setiap hari sebelum tidur.
Saran: Kakak sebaiknya tetap harus belajar supaya nilainya tetap bagus.
Contoh
yang salah:
Peristiwa: Titi belajar setiap hari sebelum
ia tidur.
*Pendapat: Wow hebat sekali. ( atau ah, aku
juga bisa.)
*Alasan: Dia membantuku mengerjakan pr.
*Saran:
Titi, jadi temanku dong.
3.
Kalimat langsung
·
Perhatikan
tanda baca: tanda titik, tanda tanya, tanda seru atau tanda perintah, tanda
koma, dan tanda petik
·
Perhatikan
letak tanda baca tersebut dan huruf kapital!
Contoh:
a. Saya berkata, “Belajarlah dengan rajin!”
b. “Mengapa kamu pucat?” tanya pak direktur
yang gagah itu.
c. “Saya baru sakit.” kata Pak Ruslan dengan
suara lemah.
4.
Kosa kata:
Tahukah kamu pengunaan kata-kata ini?
Mati, meninggal, wafat, gugur
|
Menawan, tawanan
|
Memendam, mengubur, mengembumikan,
memakamkan
|
Berunding, perundingan
|
Bangkai, mayat, jenasah
|
Mengadu domba
|
Diasingkan, dibuang
|
Bekerja paksa
|
Menduduki, menguasai
|
Perang gerilya
|
Pasukan, tentara
|
Siasat, taktik
|
Muak
|
Memonopoli, menguasai
|
Gigih, berusaha sekuat tenaga
|
Bertekat baja
|
IPS/PKN
Setelah
kamu belajar IPS dari ringkasan dan lembar kerjamu, cobalah menjawab pertanyaan
ini:
1. Mulai tahun 1500-an, beberapa bangsa tiba di nusantara (Indonesia). Bangsa
mana saja yang sampai ke nusantara pada waktu itu?
2. Mengapa mereka menjelajah dunia sampai tiba di nusantara?
3. Apa yang mereka lakukan di nusantara?
4. Menurutmu, apa yang membuat perubahan keinginan bangsa Eropa yang pertama
kali hanya ingin berdagang lalu berubah ingin menguasai perdagangan, tanah,
perkebunan, hasil tambang, atau memaksa rakyat untuk bekerja?
5. Sebutkan dua tokoh perlawanan terhadap penjajah Eropa, asal, dan alasan mereka melawan penjajah?
6. Mengapa Pangeran Diponegoro melawan Belanda? (Apa yang ia perjuangkan?)
7. Bagaimana ia bisa tertangkap?
8. Mengapa Cut Nyak Dien melawan Belanda? (Apa yang ia perjuangkan?)
9. Untuk mengalahkan perlawanan rakyat Indonesia, Belanda sering
mengasingkan para pemimpin rakyat. Misalnya Pangeran Diponegoro diasingkan ke Sulawesi,
Cut Nyak Dien diasingkan ke Jawa Barat, Soekarno diasingkan ke Ende. Menurutmu mengapa
Belanda memakai cara seperti itu untuk mengalahkan perlawanan rakyat?
10. Pada masa perjuangan yang dipimpin
oleh para pemimpin daerah, seperti Teuku Umar (Aceh), Imam Bonjol (Padang),
Pangeran Hasanudin (Sulawesi), dll. perjuangan mereka sering gagal. Apa yang
membuat perjuangan mereka gagal?
11. Apa yang membuat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan pada tahun 1900-an
lebih berhasil daripada perjuangan pada tahun-tahun sebelumnya?
12. Siapa tokoh perjuangan pada
tahun 1900-an?
13. Menurutmu, mengapa pendidikan (salah satu dari politik balas budi)
membuat perjuangan lebih berhasil?
14. Di mana dan tahun berapa Jepang
tiba di Indonesia?
15. Apa latar belakang kedatangan Jepang ke Indonesia?
16. Bagaimana cara Jepang menarik hati
orang Indonesia saat pertama mereka tiba?
17. Siapa yang mengumumkan kemerdekaan
Indonesia?
18. Tanggal berapa dan di kota mana
naskah proklamasi dibacakan?
19. Apa dasar negara Indonesia?
20. Mengapa negara Indonesia membutuhkan dasar negara?
21. Apakah kamu setuju dengan pendapat
bahwa kemerdekaan adalah hasil pemberian negara lain?
22. Apa arti kemerdekaan Indonesia bagi orang Indonesia?
23. Apa cita-cita atau tujuan bangsa Indonesia setelah mencapai kemerdekaan?
24. Menurutmu, apakah Indonesia sudah berhasil mencapai cita-cita
kemerdekaan tersebut? Buktikan dengan cara menunjukkan satu peristiwa yang
terjadi di Indonesia pada zaman sekarang. (Apa yang terjadi, di mana, kapan,
mengapa terjadi, siapa yang terlibat? Bagaimana hal itu bisa terjadi?
25. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika Indonesia gagal dalam mencapai
cita-citanya?
26. Apa yang bisa
kamu pelajari dari sejarah perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia?
(4 hal)
No comments:
Post a Comment