Ringkasan IPS/PPKn untuk
bahan ujian term 2
A. Pembagian waktu di Indonesia
Bumi kita bulat seperti bola. Bumi selalu berputar
pada porosnya atau disebut rotasi. Rotasi berakibat terjadinya
siang dan malam. Bagian bumi yang terkena sinar matahari mengalami siang.
Bagian yang tidak terkena sinar matahari mengalami malam. Selain itu, bumi juga
melakukan gerakan mengelilingi matahari atau disebut revolusi.
Tahukah kamu, sebenarnya bumi memiliki tiga garis
khayal? Garis khayal tersebut dapat terlihat jelas dalam globe atau peta.
Sekarang, mari kita lihat bersama yang dimaksud ketiga garis khayal tersebut.
1. Garis khatulistiwa/ekuator
yaitu garis khayal yang membagi bumi tepat di tengah wilayah utara dan selatan.
2. Garis lintang yaitu garis
khayal mendatar yang melingkari bumi. Garis lintang yang berada di sebelah atas
khatulistiwa disebut garis lintang utara, sedangkan garis lintang yang berada
di sebelah bawah khatulistiwa disebut garis lintang selatan.
3. Garis bujur/meridian yaitu
garis khayal yang ditarik dari kutub utara dan kutub selatan. Garis bujur 0o tepat melintasi Kota
Greenwich, London, Inggris. Garis meridian pangkal atau (0o) tersebut digunakan sebagai
patokan waktu di seluruh dunia atau waktu internasional yang dikenal dengan
nama waktu GMT (Greenwich Mean Time).
Sekarang kita akan melihat pembagian waktu di
Indonesia. Nah, untuk mencari perbedaan waktu perhatikan penjelasan berikut.
Lama bumi berotasi adalah 24 jam (sehari semalam). Adapun sekali putaran bumi
akan membentuk lingkaran penuh atau 360o. Sehingga setiap 1 jam bumi berputar dengan jarak
15o yaitu 360o : 24 = 15o. Dengan kata lain, setiap jarak
15o terjadi perbedaan waktu 1 jam.
Nah, bagaimana perbedaan waktu di Indonesia?
Seperti kamu ketahui, letak Indonesia secara astronomi adalah 6o LU–11o LS dan 95o BT–141o BT. Namun, untuk menentukan
perbedaan waktu, kita cukup menggunakan garis bujur. Jadi, Indonesia yang
terletak pada 95o BT–141o BT artinya panjang rentang
wilayah Indonesia 141o – 95o = 46o atau kurang lebih 3 × 15o. Dengan demikian, wilayah
Indonesia lebih tepat dibagi menjadi tiga daerah waktu.
Adapun pembagian daerah waktu Indonesia adalah
sebagai berikut.
1. Daerah Waktu Indonesia Bagian
Barat (WIB) Daerah Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) meliputi Sumatra, Jawa,
Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
2. Daerah Waktu Indonesia Bagian
Tengah (WITA). Daerah Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) meliputi wilayah
Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi.
3. Daerah Waktu Indonesia Bagian
Timur (WIT). Daerah Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) meliputi Maluku, Maluku
Utara, Irian Jaya Barat, dan Papua.
B. Letak Geografis dan negara yang
berbatasan dengan Indonesia
Secara geografis, wilayah
Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, yaitu benua Asia
dengan Benua Australia serta Samudera Hindia dengan Samudera Pasifik.
Negara
yang berbatasan dengan Indonesia:
·
Batas
utara: Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam
·
Batas
Selatan: Timor Leste, Australia
·
Batas
timur: Papua Nugini
·
Batas
barat: India
C. Pengaruh letak geografis terhadap
keutuhan negara Indonesia
Indonesia
adalah negara kepulauan yang berada di antara dua benua dan dua samudera. Selain
itu negara Indonesia juga memiliki banyak negara yang berbatasan langsung
dengan Indonesia. Hal ini bisa memegaruhi keutuhan dan persatuan Indonesia.
Pengaruh tersebut bisa merupakan pengaruh positif maupun pengaruh negatif:
a.
Pengaruh negatif:
o
Jika
Indonesia tidak bisa menjaga pulau-pulau terluar yang menjadi milik negara
Indonesia, maka pulau-pulau tersebut bisa diambil atau dikuasai oleh negara
yang berdekatan. Misalnya Pulau Sipadan dan Ligitan yang lepas
dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
o
Masyarakat di perbatasan akan kurang menghargai bangsa
Indonesia, jika negara Indonesia kurang memperhatikan kesejahteraan mereka.
b. Pengaruh
positif:
o
Banyaknya kapal yang melewati dan berdagang di Indonesia bisa
memperkuat kemakmuran rakyat Indonesia.
o
Kekayaan
laut yang besar yang dimiliki Indonesia bisa dipakai sebagai sumber alam yang
bisa mensejahterakan rakyat, sehingga rakyat Idonesia sejahtera.
D. Kegiatan ekonomi dan permasalahan
lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan ekonomi masyarakat (lihat hasil
pencarian
Ringkasan dan latihan bahasa Indonesia
(bahan ujian term 2)
Nama:
___________________
Kelas: _____
Tanggal:
_________________
Ringkasan bahasa Indonesia term 2
1. Cerita rumpang
Cerita
rumpang adalah cerita yang sebagian isinya hilang. Untuk mengisinya kita perlu
membaca keseluruhan dan menambahkan kata atau kalimat yang sesuai dengan isi
keseluruhan. Cerita rumpang bisa dalam bentuk bagian cerita yang
dihilangkan, bagian surat yang dihilangkan, bagian percakapan yang dihilangkan.
2. Gagasan pokok/ide pokok/gagasan
utama dan gagasan penjelas
Ide pokok
Ide pokok bacaan adalah hal pokok yang diungkapkan dalam suatu
paragraf. Ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi
paragraf. Sedangkan kalimat utama adalah kalimat yang memiliki makna yang
paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragaraf tersebut.
Kalimat penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi
menjelaskan kalimat utama.
3. Unsur Intrinsik cerita (Tokoh,
sifat, latar (waktu, tempat, suasana) tema,dan pesan/amanat)
Buka lagi catatan semester 1.
4. Kata kerja ber-
Benar: bekerja, belajar, beracun, berbisa, bepergian,
bercanda, bermain, beranak, berayah, bertopi, bercat, bergotong-royong,
bermain-main, bermobil, bersama-sama, berkebun, dll.
Salah: berkerja, berracun, berpergian,
bermain-bermain
Makna
awalan ber-
Awalan ber- memunyai beberapa makna, yaitu:
(a) memunyai: (berayah = memunyai ayah, beribu = memunyai ibu)
(b) memakai: (berbaju = memakai baju, berjas= memakai jas)
Awalan ber- memunyai beberapa makna, yaitu:
(a) memunyai: (berayah = memunyai ayah, beribu = memunyai ibu)
(b) memakai: (berbaju = memakai baju, berjas= memakai jas)
(c) menaiki atau menunggang:
(berkereta = menaiki kereta, bersepeda = menaiki sepeda)
(d) menggunakan: (berpayung = menggunakan payung, bertongkat = menggunakan tongkat)
(e) mengeluarkan atau menghasilkan: (berbunga = mengeluarkan bunga, bertelur = menghasilkan telur)
(f) mengucapkan: (berdoa = mengucapkan doa, berjanji = mengucapkan janji)
(g) dalam keadaan: (bergembira= dalam keadaan gembira, berduka= dalam keadaan duka)
(d) menggunakan: (berpayung = menggunakan payung, bertongkat = menggunakan tongkat)
(e) mengeluarkan atau menghasilkan: (berbunga = mengeluarkan bunga, bertelur = menghasilkan telur)
(f) mengucapkan: (berdoa = mengucapkan doa, berjanji = mengucapkan janji)
(g) dalam keadaan: (bergembira= dalam keadaan gembira, berduka= dalam keadaan duka)
(h) melakukan
usaha: ( berdagang, bertani)
(i) memiliki:
(berambut=memiliki rambut)
5. Kalimat tanya
Kata
tanya dalam bahasa Indonesia yang digunakan secara formal sebaiknya diletakkan
paling depan.
Apa :
untuk menanyakna benda
Siapa :
untuk menanyakan orang
Mengapa:
untuk menanyakan alasan
Bagaimana:
untuk menanyakan cara
Di mana :
untuk menanyakan tempat
Kapan :
untuk menanyakan waktu
Berapa
umur…; berapa panjang…; berapa berat …;
Contoh:
a. Berapa jumlah anjingmu? (Bukan: Jumlah
anjingmu berapa?)
b. Jam berapa acara dimulai?
c. Berapa lama acara ini akan
berlangsung?
d. Berapa kali adik harus minum
obat?
e. Siapa nama adikmu? (Siapa dipakai
untuk nama orang. Salah: Apa nama adikmu?)
f. Apakah namamu Jono?
g. Mengapa ia tidak ikut pesta?
h. Di mana kalian akan meletakkan
barang-barang ini?
i.
Bagaimana
cara membuat kue bolu?
j. Untuk apa kami harus belajar?
k. Apa yang sedang kamu lakukan?
l.
Kapan
kami boleh berlibur?
6. Kalimat langsung
· Perhatikan tanda baca: tanda
titik, tanda tanya, tanda seru atau tanda perintah, tanda koma, dan tanda petik
· Perhatikan letak tanda baca
tersebut dan huruf kapital!
Contoh:
a. Saya berkata, “Belajarlah dengan
rajin!”
b. “Mengapa kamu pucat?” tanya pak
direktur yang gagah itu.
c. “Saya baru sakit.” kata Pak
Ruslan dengan suara lemah.
7. Wawancara
Tujuan
wawancara adalah untuk mengungkapkan pendapat tokoh atau narasumber tentang
suatu hal.
Pewawancara:
orang yang mewawancarai/mencari informasi.
Narasumber:
orang yang diwawancarai/ pemberi informasi
Hal yang perlu diperhatikan dalam
wawancara:
1. Mengetahui narasumber dan
menghubunginya
2. Mempersiapkan pertanyaan
3. Menunjukkan sikap yang baik dalam
wawancara
4. Membuat laporan sesuai dengan isi
wawancara
8. Memberi
pendapat pada peristiwa (peristiwa, saran/pendapat, alasan)
Berikan
pendapat, saran, dan alasan dengan jelas dan logis (ada hubungannya/masuk
akal). Subyek, predikatnya harus jelas. Tanda titik juga jangan dilupakan kalau
pendapatmu adalah kalimat.
Contoh 1:
Peristiwa:
Adik belajar naik sepeda di jalan raya.
Pendapat:Menurut
saya, belajar naik sepeda di jalan raya berbahaya.
Alasan: Karena
di jalan raya ada banyak kendaraan yang lewat. Ia bisa tertabrak.
Saran: Sebaiknya/seharusnya
ia belajar naik sepeda di halaman.
Contoh 2:
Peristiwa:
Kakak hanya belajar ketika akan ada ujian.
Pendapat:
Menurut pendapat saya belajar hanya ketika akan ada ujian
tidak banyak manfaatnya.
Alasan: Karena kakak akan menghabiskan banyak
waktu malam harinya dan itu bisa membuatnya mengantuk pada pagi harinya.
Saran:
Kakak sebaiknya belajar sedikit- sedikit.
Contoh
yang salah:
Peristiwa:
Titi belajar setiap hari sebelum ia tidur.
*Pendapat:
Wow hebat sekali. ( atau ah, aku juga bisa.)
*Alasan:
Dia membantuku mengerjakan pr.
*Saran:
Titi, jadi temanku dong.
Latihan
A. Cerita rumpang
Kegiatan Keluarga Angga
1.
Angga
adalah anak terpandai di kelasnya. Selain pandai, ia juga patuh kepada
orang tuanya. Ia disenangi teman-temannya karena rajin dan tidak sombong. Pak
Midun adalah ayah Angga. Ia seorang guru. Angga mempunyai adik yang
bernama Anggi. Pak Midun memunyai pekerjaan sampingan, yaitu
memelihara ayam. Setiap pagi Angga rajin membantu ayahnya. …………
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi cerita di atas adalah ….
a. Angga makan
dengan lahap karena ia suka bekerja.
b. Angga menemani
Anggi belajar pada malam harinya.
c. Angga memberi
makan ayam sehingga pekerjaan ayahnya cepat selesai.
d. Angga dan
Anggi rajin sekolah.
2.
Cermati kalimat
rumpang berikut!
Pusat pertokoan itu dilengkapi
dengan . . . untuk menyenangkan dan menghibur para pengunjung.
Bagian yang hilang pada kalimat
di atas sebaiknya diisi dengan…..
a. Panggung
hiburan c.
tempat istirahat
b. Ruang
ganti d.
taman wisata
3.
Anton:
.......... nama ayahmu? Kami akan melakukan wawancara dengannya hari Selasa.
Bimo: Abdullah bin Abdulkodhir.
Ayah biasa dipanggil Pak Abdul.
Anton: Baiklah, terima kasih.
Bimo: Sama-sama
Kata yang sesuai untuk melengkapi
percakapan di atas adalah...
a. Apa
c. Siapa
b. Mengapa
d. Berapa
4.
Kalimat
yang sesuai untuk melengkapi percakapan berikut adalah...
Semar: Reng, pertunjukan ini
sangat mengesankan.
Gareng: Ya, baru pertama kali
tokoh Petruk menari dengan indah.
Semar: Aku penasaran,
......................................................................................
Gareng: Aku dengar mereka belajar
di sanggar tari Widowati.
a. Mereka belajar tari di mana?
b. Berapa kali mereka harus
berlatih?
c. Di mana mereka belajar menari?
d. Mengapa mereka bisa menari
sebagus itu?
5.
Kalimat yang
tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf ini adalah…
........... Ia
begitu terkejut ketika daun pintu terbuka, seorang lelaki berwajah buruk
tiba-tiba berdiri di hadapannya. Tanpa berpikir panjang ia langsung mengayunkan
tinjunya ke arah perut lelaki misterius itu. Ia semakin terkejut
karena ternyata lelaki itu sangat kuat.
a. Anto
mengunci pintu kamarnya.
b. Anto
menahan daun pintu itu dengan sekuat tenaga.
c. Dengan
tanpa curiga Anto membuka pintu.
d. Seseorang
berdiri di pintu depan.
B. Unsur Intrinsik cerita
(Pesan/amanat, tokoh, latar, sifat tokoh pada cerita)
6. Pelaku dalam sebuah cerita
disebut . . .
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
a. Tokoh c. Tema
b. Latar d. Alur
7. Kata lain dari watak dalam
cerita adalah …
a. tokoh c. tema
a. tokoh c. tema
b. Latar
cerita
d. sifat
8. Sakeran adalah salah satu prajurit yang
gagah berani. Tak ada kata menyerah dalam kamus hidupnya. Ketika diam seribu
bahasa, itu pertanda dia sedang mencari strategi untuk melumat lawan-lawannya.
Satu persatu lawannya dibabat habis. Tak heran jika dia dijuluki oleh
teman-teman seperjuangannya sebagai prajurit berani mati.
Dalam kutipan cerpen tersebut,
watak tokoh Sakeran adalah …
a.
gagah c. berani
b. pintar
d. mudah menyerah
Bacalah
kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Masut :
Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku
andai tidak ada guru.
Guru :
Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya
sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri
Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat. (Menyodorkan
cangkir)
Guru :
Bisa saja istri kamu, Ut.
9. Suasana yang tergambar pada drama
tersebut adalah ………………………….
a.
santai b.
haru c.
tegang d.
seram
10. Latar tempat kutipan drama
tersebut adalah …………………....
a. rumah
guru c. ruang kerja
b. rumah
Masut d. ruang kelas
11. Apa watak Yoga pada teks drama
ini?
Yoga : Kamu
sudah dengar berita tentang Rury?
Pohan : Belum, memang ada
apa dengan Rury?
Yoga : Kemarin
ia jatuh dari pohon mangga. Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah
sakit.
Danu : Ah, biarkan
saja biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh Yoga pada kutiban
drama tersebut adalah…..
a.Tidak
peduli c. Pencuriga
b. Masa
bodoh d. Perhatian
12.
Munawardi : Toloong ada yang
mau jahat kepada saya!
Orang-orang
: Mana…..mana orangnya ?
Dudi : Ayo
kita hajar biar kapok !
Kurdi : Jangan…..jangan
! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak Kurdi dalam
kutipan drama tersebut bijaksana adalah…..
a. Dia mau membantu
orang yang berbuat jahat
b. Dia memberitahu
orang yang berbuat jahat
c. Dia mengajak orang
orang untuk menghajar perampok
d. Dia mengingatkan
orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
C. Awalan
Pakailah
awalan yang sesuai untuk kata kerja di dalam kurung! (kata kerja ber- atau me-)
1. Angin (tiup) _____________ kencang
kemarin sore, Andika (pakai) __________ baju hangatnya supaya
tidak kedinginan.
2. Para tamu (kemeja)
__________putih ketika (hadir) _________ di acara itu.
3. Peserta pawai (gerombol)
___________di bawah pohon untuk (teduh) ______________.
4. Burung hitam (tengger) _________
sambil (kicau) ___________ merdu.
5. Hujan turun sangat lebat kemarin
sore, Pak Ali (teduh) __________ di halte bus sambil (baca)
___________koran.
6. Tamirin (salaman)
__________ dan (tanda tangani) _____________ surat perjanjian perusahaan.
7. Liburan caturwulan pertama, saya (libur)
__________ ke Pulau Bali.
8. Seragam murid-murid SD (warna)
___________ merah dan putih.
D. Menyatakan
pendapat, alasan, dan saran
Contoh:
Peristiwa :
Andi menonton TV tanpa kenal waktu sehingga ia lupa belajar.
Pendapat : Menurut
saya ……………………………………………………………..
Alasan : Karena ………………………………………………………………………...
Saran : Sebaiknya
…………………………………………………………………..
No comments:
Post a Comment